Kementerian Pertanian Rilis Aplikasi TANAM (Teknologi Pertanian Modern) Berbasis Android

1

Kemajuan teknologi harus benar-benar dimanfaatkan untuk mendukung pertanian di Indonesia. Hal tersebut yang mendorong Kementerian Pertanian untuk merilis aplikasi pertanian berbasis android yang dinamai TANAM (Teknologi Pertanian Modern).

Aplikasi TANAM dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang sudah resmi diluncurkan pada Kamis (22/12/2016) oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Menurut Mentan Andi Amran Sulaiman, dengan adanya sistem informasi pertanian modern berbasis android ini, dapat dimanfaatkan petani untuk mendorong sektor pertanian. Aplikasi tersebut ditambahkan beberapa fitur unggulan dan menyediakan informasi dari Hulu hingga Hilir meliputi sentra produksi, kesesuaian lahan, kesesuaian varietas dan sarana produksi pertanian berupa informasi penyedia benih, pupuk dan alat mesin pertanian.

Aplikasi TANAM juga tersedian fitur konsultasi online untuk menghubungkan antara petani dengan penyuluh, peneliti dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan aplikasi tersebut, petani juga dapat mengetahui siapa saja yang sedang online untuk diajak berdiskusi maupun konsultasi.

β€œMelalui aplikasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan untuk pencapaian kedaulatan pangan. Kita bisa mengetahui bawang ada di daerah mana, akan menekan disvarietas harga antara di kota dengan langsung didesa harganya,” ujar Andi.

Saat ini aplikasi TANAM hanya tersedia untuk platform android saja, dan baru memuat komoditas pangan seperti padi, jagung dan kedelai. Namun kedepannya aplikasi ini akan terus dikembangkan untuk pengguna platform IOS serta menambahkan beberapa komoditas pertanian startegis lainnya.

Aplikasi TANAM sudah tersedia di PlayStore (bagi pengguna Android), dengan mengetik kata kunci “teknologi pertanian modern” aplikasi ini bisa anda temukan, atau anda bisa men-download aplikasi TANAM di link dibawah ini.

[button color=”green” size=”” type=”square” target=”_blank” link=”https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tanam.user.mana_livechatv2″]DOWNLOAD[/button]

Loading...
  • Mas Nud

    mantap’s.!.πŸ‘πŸ‘πŸ‘