Nutrisi Tanaman Hidroponik Yang Wajib Diberikan Ke Tanaman

0

Unsurtani.com –  Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Nutrisi Tanaman Hidroponik Yang Wajib Diberikan Ke Tanaman. Seperti apa? mari kita bahas.

Bercocok tanam secara hidroponik berbeda dengan sistem tanam secara konvensional, sehingga pemberian pupuk maupun nutrisi terhadap tanaman juga berbeda. Hal yang membedakan antara keduanya yaitu penggunaan media tanamnya, jika bertanam secara konvensioanal memerlukan tanah, sebaliknya bertanam secara hidroponik tanpa menggunakan tanah namun menggunakan media tanam seperti rockwool, sekam bakar, cocopeat, hydroton, perlite dan lain sebagainya.

Ketika suplai nutrisi terjaga dengan baik, maka apapun media tanam dan jenis tanaman yang dibudidayakan pasti hasil yang didapat juga baik. Oleh karena itu, pemberian nutrisi terhadap tanaman seolah menjadi hal yang wajib dilakukan bagi para petani hidroponik. Hal buruk akan terjadi jika tanaman sampai kekurangan nutrisi, hal ini bisa mengganggu pertumbuhan tanaman baik secara vegetatif maupun generatif.

Dalam ilmu pertanian, unsur makro dan mikro mutlak diperlukan oleh semua jenis tanamam. Begitu pula pada sistem tanam secara hidroponik, unsur paling besar yang harus dipenuhi yakni unsur makro, seperti Nitrogen (N), Forfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Sulfur (S), dan Magnesium (Mg). Sedangkan unsur mikro-nya yang harus terpenuhi yaitu Besi (Fe), Mangan (Mn), Klor (Cl), Molibdenum (Mo), Boron (B), dan Seng (Zn).

Di bumi ini ada sekitar 105 unsur, namun hanya 16 unsur saja yang mutlak diperlukan tanaman untuk tumbuh dan berproduksi. Dari 16 unsur mutlak tersebut, unsur N, P, dan K-lah yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang besar.

Unsur N (Nitrogen) dibutuhkan tanaman pada masa pembibitan, ini bertujuan untuk menguatkan bibit serta membantu pembentukan daun.

Unsur P (Fosfor) berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar dan membentuk sistem perakaran yang baik. Mempercepat pembentukan bunga dan pematangan buah/biji, sehingga dapat mempercepat masa panen. Persentase keberhasilan terbentuknya bunga menjadi buah menjadi besar. Menyusun dan menstabilkan dinding sel tanaman, untuk memperkuat daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.

Unsur K (Kalium) berperan dalam proses fotosintesis, Membantu transportasi hasil asimilasi dari daun ke seluruh jaringan tanaman. Membantu tanaman dalam penyerapan air dan unsur hara dari dalam tanah.

Simak Juga Peranan Unsur NPK Bagi Tanaman? Bagaimana Jika Tanaman Kekurangan Unsur NPK?

Perlu anda ketahui, campuran dari berbagai unsur tersebut akan menghasilkan zat asam (pH) pada larutan, oleh aren itu larutan harus dikontrol agar zat asam tidak lebih dan tidak kurang. Karena biasanya tanaman hanya menerima pH bekisar antara 5,5 hingga 6,5.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman hidroponik, saat ini sudah banyak berbagai macam jenis nutrisi dari berbagai merk yang dijual dipasaran, khususnya di toko-toko pertanian.

Namun nutrisi yang saat ini banyak digunakan oleh pratisi hidroponik adalah AB Mix. Produk ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian, anda tinggal bilang saja mau beli AB Mix, maka penjual pun sudah tahu. AB Mix ini berupa serbuk nutrisi yang penggunaanya dilarutkan bersama air, takarannya pun tergantung kebutuhan anda.

Sayangnya, harga nutrisi AB Mix ini terbilang cukup tinggi. Harga nutrisi hidroponik per paket pupuk A dan pupuk B (AB Mix) sekitar Rp 80.000 hingga Rp 110.000. Satu paket AB Mix berisi serbuk nutrisi yang bisa anda gunakan hingga 1000 liter.

Berikut Bagaimana Cara Meracik Nutrisi AB Mix

Nutrisi tanaman hidrponik sebenarnya bisa anda buat sendiri, namun bagi anda yang baru memulai budidaya secara hidroponik, saya sarankan untuk membeli nutrisi dulu. Mengapa demikian? yang terpenting anda merasakan sensasi hidroponik lebih dulu dan tahu bagaimana prosesnya.

Setelah anda sudah cukup pengalaman (setidaknya 2 kali panen), tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuat formula sendiri.

Loading...