Apa sih Peranan Unsur NPK Bagi Tanaman? Bagaimana Jika Tanaman Kekurangan Unsur NPK?

0

Unsurtani.com – Munkin ada yang belum tahu apa itu NPK? apa peranan Unsur NPK Bagi Tanaman? Bagaimana Jika Tanaman Kekurangan Unsur NPK? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pertumbuhan atau perkembangan tanaman tak hanya dikontrol oleh faktor internal saja, melainkan juga ditentukan oleh faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal tersebut yakni unsur hara esensial. Unsur hara esensial merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhannya.

Apa akibatnya jika unsur tersebut tidak terpenuhi bagi tanaman? tentu tanaman akan mengindikasikan gejala kekurangan unsur tersebut dan pertumbuhan tanaman bisa terganggu.

Berdasarkan jumlah unsur hara yang dibutuhkan, terbagi menjadi dua golongan, yakni unsur hara mikro dan makro. Unsur hara mikro dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang relatif kecil (beberapa ppm/ part per-million dari berat keringnya). Sedangkan unsur hara makro dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang lebih besar (0,5 – 3% berat tubuh tanaman).

Unsur hara mikro yang termasuk golongannya adalah Fe, B, Mn, Cu, Zn, Mo, dan Cl. Sedangkan golongan unsur hara makro yakni N, P, K, C, H, O, S, Ca, dan Mg. Di bumi ini setidaknya ada sekitar 105 unsur, namun hanya 16 unsur saja yang mutlak diperlukan tanaman untuk tumbuh dan berproduksi. Dari 16 unsur mutlak tersebut, unsur N, P, dan K-lah yang dbutuhkan tanaman dalam jumlah yang besar.

1. Unsur N (Nitrogen)

Karena unsur hara N termasuk unsur yang dibutuhkan dalam jumlah paling besar sehingga biasa disebut dengan unsur hara makro primer. Umumnya unsur N (Nitrogen) menyusun 1-5% dari berat tubuh tanaman.

Unsur N sendiri diserap oleh tanaman dalam bentuk ion amonium (NH4+) atau ion nitrat (NO3-). Sedangkan sumber unsur N didapat dari bahan organik, mineral tanah, ataupun pemberian pupuk tambahan dari pupuk organik.

Bagi tanaman unsur N berperan sebagai penyusun asam amino (protein), asam nukleat, nukleotida, dan klorofil.

Lalu apa dampak dari dengan adanya unsur N bagi tanaman? tanaman akan merasakan manfaat sebagai berikut:

  • Membuat daun tanaman menajadi lebih hijau.
  • Pertumbuhan tanaman menjadi cepat (tanaman cepat tinggi, jumlah anakan banyak, dan jumlah cabang juga banyak).
  • Menambah kandungan protein hasil panen.

Namun, apabila Tanaman kekurangan unsur N, maka akan menunjukkan gejala sebagai berikut:

  • Seluruh daun tanaman berwarna pucat kekuningan (klorosis), dikarenakan kekurangan klorofil.
  • Tanaman menjadi kerdil, jumlah anakan dan jumlah cabang sedikit.
  • Perkembangan buah menjadi tidak sempurna dan kadang-kadang sudah masak sebelum waktunya.
  • Pada tahap lanjut, daun menjadi kering dimulai dari daun pada bagian bawah tanaman.
Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini