Teknik Sambung Pucuk Tanaman Tin (Cleft Grafting)

0

Banyak sekali teknik untuk memperbanyak tanaman, salah satunya yang akan kita coba yaitu sambung pucuk tanaman tin. Sambung pucuk atau cleft grafting merupakan metode memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan menyambung 2 jenis tanaman yang berbeda, tujuannya adalah untuk menghasilkan tanaman unggul mudah berbuah dan dapat menghasilkan bibit dalam jumlah banyak.

Dengan menggunakan teknik cleft grafting, tanaman akan berkembang membentuk tanaman jenis baru, yang akan memiliki beberapa keunggulan, diantaranya yaitu :

  • Keunggulan dari segi perakaran,
  • Masa berbuah tanaman menjadi lebih cepat,
  • Ukuran tanaman jadi lebih pendek, namun berbuah lebat,
  • Memiliki sifat genetis yang sama seperti induknya, misalnya ukuran buah lebih besar, daging buah tebal dan rasa  yang manis serta tahan terhadap serangan penyakit.

Pohon Tin sendiri ada beberapa jenis dan varietasnya, jadi jangan salah membeli bibitnya jika ingin menanamnya di indonesia, Dikarenakan tidak semua jenis dan varietas dari pohon Tin dapat tumbuh dan berbuah di indonesia.

Oleh karena itu pilihlah jenis varietas dari pohon tin yang dapat tumbuh subur dan berbuah lebat jika ditanam di indonesia yang memiliki iklim tropis.
Berikut adalah beberapa jenis pohon tin yang cocok dibudidayakan di indonesia, yaitu :
  1. Green Jordania Figs (LN)
  2. Purple Jordania Figs (LN)
  3. Conadria USA Figs
  4. Brown Turkey Figs
  5. Khurtmani Palestine Figs
  6. Black Ischia Italy Figs
  7. Negronne France Figs
  8. Calymirna Figs

Pada praktek kali ini saya akan menggunakan bahan sambungan tanaman tin jenis Green Jordania sebagai batang sambungan atas (entres), namun batang sambungan dipilih dari pohon tin yang mau berbuah, pucuk yg digunakan harus muda, hindari pucuk yg sudah tua.

Sedangkan bagian bawah yang menerima sambungan di sebut Batang Bawah (understock) saya menggunakan pohon tin jenis Calymirna. Batang bawah yang dipilih harus memiliki perakaran yang baik dan tahan terhadap serangan busuk akar.

Dasar Teknik Cleft Grafting

Teknik sambung pucuk dengan entres yang mempunyai 1-3 mata tunas, tingkat keberhasilan sambungan mencapai 90%. Oleh karena itu cara ini banyak dilakukan para penggiat tanaman untuk memperbanyak dan menghasilkan bibit unggul.

Oke, mari kita mulai saja cara Teknik Sambung Pucuk Tanaman Tin (Cleft Grafting), peralatan yang Anda perlukan diantaranya:

  • Gunting dahan
  • Cutter atau bisa menggunakan silet
  • Plastik es

Berikut langkah-langkahnya:

Gambar 1 – Teknik Sambung Pucuk Tanaman Tin (Cleft Grafting)

Keterangan Gambar 1 : 

  1. Pangkas dahulu daun dan tangkai batang entres, diamkan selama 10 menit agar getahnya mengering.
  2. Gunakan daun tin untuk menghilangkan getah yg masih keluar. Kenapa getah tin harus dihilangkan? hal ini dilakukan agar sambungan tidak mengalami luka yang dapat menyebabkan sambungan menjadi busuk.
  3. Pangkas batang bawah untuk sambungan, diamkan 10 menit agar getah mengering. Batang yang di gunakan harus muda supaya sambungan cepat menyatu.
  4. Siapkan Entres, diambil dari potongan 3 ruas dari pucuk batang, lalu pada pangkal disayat tipis membentuk huruf V
  5. Belah batang bawah (understock) pas di tengah-tengah
  6. Satukan entres dengan batang bawah secara berlahan, selanjutnya
Gambar 2 – Teknik Sambung Pucuk Tanaman Tin (Cleft Grafting)

Keterangan Gambar 2 : 

7. Tekan perlahan dan ikat dengan plastik (atau bisa menggunakan plaster), sambungan di lilit dari atas ke bawah,
8. Sungkup dengan plastik es selama 3 minggu, selama proses ini jangan di buka sampai waktu yg di tentukan,
9. Letakkan tanaman di tempat yang cukup cahaya matahari, dan dilakukan penyiraman setiap pagi dan sore,
10. Setelah umur 3 minggu, sungkup sudah bisa di buka, biasanya daun muda sudah muncul ketika di dalam sungkup. Tali pengikat sudah bisa di lepas ketika umur 1 bulan,
11. Sambungan umur 1 bulan 10 hari, pucuk semakin tinggi dan daun mulai melebar. Alangkah baiknya pangkas daun tuanya, agar sambungan tidak patah diterpa angin,
12. Umur 2 bulan daun sudah mulai banyak, tinggal perawatan lagi supaya cepat berbuah.

Demikian teknik sambung pucuk pohon Tin, kurang lebihnya mohon maaf. Percobaan ini saya selalu banyak tanya kepada para master tin. Sudah banyak ke gagalan dalam menyambung, tapi cara yang paling mudah dan 90% berhasil yaitu dengan teknik sambung pucuk.

Informasi ini akan diperbarui secara berkala menyesuaikan kebutuhan dan permintaan dari para pembaca. Segala macam kritik, saran, dan pertanyaan bisa disampaikan via email di tim.unsurtani@gmail.com atau melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di unsurtani.com.

Referensi:
Candra THP “Cara Sambung Pucuk Tin” (bontangkreatif.blogspot.co.id)

Loading...