Cara Ampuh Atasi Hama Burung Pada Tanaman Padi

0

Biologi dan Ekologi Burung menimbulkan kerusakan pada stadia padi matang susu hingga pemasakan bulir (menjelang panen). Serangan burung mengakibatkan banyak biji yang hilang sehingga malai tidak ada bijinya.

Di BB Padi, burung menimbulkan kerusakan apabila terjadi perbedaan waktu tanam yang signifikan (lebih dari 3 minggu) daripada hamparan sawah di sekitarnya.

Hingga saat ini, tingkat kerusakan belum dilaporkan secara pasti karena tidak setiap musim tanam terjadi serangan burung. Meskipun demikian, berdasar pengamatan langsung di lapangan bahwa kerusakan sedang hingga berat terjadi pada tanaman padi yang mencapai stadia generatif lebih dahulu.

Kerugian ekonomi lain adalah meningkatnya biaya produksi karena adanya penambahan tenaga kerja untuk menghalau burung yang menyerang pertanaman.

Berbagai spesies burung tercatat sebagai hama potensial pada pertanaman padi, diantaranya beberapa spesies:

Gambar 1 Berbagai spesies burung hama padi dan serangan kelompok burung pipit
  1. Keluarga burung pipit (Jawa : manuk emprit; Sunda : bondol) seperti Lonchura maja (no 1), Lonchura puntulata (no 2), dan Lonchura striata (no 3),
  2. Burung gelatik (Padda oryzivora (no 4)),
  3. Burung derkuku (Jawa : manuk deruk) (Streptopelia orientalis (no 5)), terkuku (Jawa : manuk puter) (Streptopelia  striata (no 6)) dan,
  4. Burung gereja (Passer montanus).

Spesies burung yang paling sering menimbulkan kerugian serius adalah burung pipit (L. striata) yang biasanya menyerang secara berkelompok dari puluhan hingga ribuan jumlahnya. Puncak aktifitas harian burung hama padi adalah pagi dan sore hari. Pada umumnya, burung hama padi telah menyesuaikan perkembangbiakannya dengan stadia tanaman padi.

PENGENDALIAN

Pengendalian Hingga saat ini, pengendalian terhadap burung hama padi masih dilakukan secara tradisional karena burung tidak selalu menimbulkan kerugian pada setiap musim tanam padi. Berbagai cara yang biasa dilakukan petani adalah sebagai berikut :

  • Tanam dan panen serentak untuk membatasi ketersediaan pakan bagi burung atau hindari tanam diluar musim agar tidak menjadi satu-satunya sumber pakan burung.
  • Di atas benih yang baru disebar dibentangkan benang-benang (jahit) sehingga burung kesulitan mencari tempat mendarat sehingga cenderung menjauhi pesemaian.
  • Pada tanam tabela kering sebaiknya benih ditutup dengan tanah.
  • Menghalau langsung burung di pertanaman terutama pada puncak aktifitas burung (pagi dan sore hari).
  • Pada skala kecil (petak-petak percobaan) dengan membentangkan jaring untuk melindungi tanaman.
  • Penggunaan penakut burung seperti bendera, umbul-umbul, hologram, orang-orangan, atau bunyi-bunyian
  • Di negara-nagara maju biasanya dilakukan dengan pita hologram, patung predator (elang, burung hantu,kucing dan ular), suara pengusir (frekuensi tertentu), serta balon atau layang-layang bergambar mata untuk membuat takut burung.
Gambar 2 Penanganan Hama Burung pada Tanaman Padi

Gambar 2. Berbagai teknik pengendalian burung : penggunaan jaring (no 1), pemasangan umbul-umbul (no 2), penggunaan hologram (no 3), pemasangan orang-orangan sawah (no 4), penggunaan layang-layang pengusir burung (no 5) dan secara manual dengan ketapel (6).

Baca : Pengendalian Penyakit Hawar Daun Bakteri (Kresek) Pada Tanaman Padi

Demikianlah informasi Cara Ampuh Atasi Hama Burung Pada Tanaman Padi, semoga bermanfaat bagi Anda. Segala macam kritik, saran, dan pertanyaan bisa disampaikan via email di tim.unsurtani@gmail.com atau melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di unsurtani.com.

Referensi:
PPPTP Balitbangtan, Petunjuk Teknis Hama dan Penyakit Tanaman padi, 2007, Ebook.

Loading...