Cara Aplikasi Pupuk Organik Padat Pada Tanaman

0

Ada beberapa cara aplikasi pupuk organik pada pada tanaman antara lain cara, dosis, waktu, dan anjuran pemupukan dijelaskan sebagai berikut.

1. Serbuk

Cara pemakaian pupuk organik bentuk serbuk antara lain sebagai berikut:

A. Ditaburkan dipermukaan tanah (broadcast), cara ini merupakan cara konvensional yang biasa dilakukan petani. Biasanya dilakukan pada saat pengolahan lahan. Jika masih ada waktu sebelum penanaman pupuk dalam tanah walau tidak sempurna dengan menggunakan garu atau cangkul.

B. Dicampur dengan media tanam lainnya, pasir atau gambut yang biasa dipakai dalam media persemaian maupun pembibitan dicampur dengan pupuk organik bentuk serbuk sebelum dimasukkan dalam bak persemaian atau polibag.

C. Ditanam di sepanjang larikan atau di sekililing tanaman (side dressing/banding)

D. Ditebar diatas permukaan tanaman (top dressing), pengaplikasiannya terutama untuk perawatan rumput lapangan golf dengan menggunakan spreader machine.

2. Butiran dan Pelet

Cara pengaplikasian pupuk organik bentuk butiran dan pelet adalah sebagai berikut:

A. Disebar, cara ini dilakukan pada tanaman padi karena cara yang lain tidak memungkinkan. Agar pemakaiannya lebih praktis sebaiknya dicampur dengan pupuk kimia yang lain dan disebarkan secara bersamaan sebagai pupuk dasar.

B. Ditanam didasar lubang tanam, untuk pembibitan dilakukan sebelum bibit ditanam dalam polibag, sedangkan pemupukan bibit di lapangan dilakukan sebelum benih atau bibit ditanam.

C. Ditanam disekililing atau diantara tanaman, pengaplikasiannya dapat dilakukan pada pembibitan di polibag atau lapangan.

D. Dimasukkan dalam lubang aerasi, lubang aerasi adalah lubang-lubang yang sengaja dibuat di areal tanaman dengan menggunakan aerator machine. Lubang tersebut diisi dengan pupuk, cara ini biasanya dilakukan untuk perawatan rumput di lapangan golf.

3. Tablet

Pupuk oragnik bentuk tablet lebih dianjurkan pemakaiannya untuk tanaman tahunan seperti tanaman perkebunan, kehutanan, atau buah-buahan. Pemupukan biasanya dikakukan setiap 2-3 bulan sekali, kemudian dijarangkan menjadi 4-6 bulan, bahkan 1 tahun sekali tergantung ukuran dan jumlat tablet.

Pemberian pupuk organik bentuk tablet dilapangan dengan cara ditanam di sekeliling atau disamping tanaman selebar canopy. Untuk transplanting dapat juga ditanam di dasar lubang tanam sebelum bibit tanaman.

Baca : Sasaran Penggunaan Pupuk Organik Padat

Demikianlah informasi Cara Aplikasi Pupuk Organik Padat Pada Tanaman, semoga bermanfaat bagi Anda. Segala macam kritik, saran, dan pertanyaan bisa disampaikan via email di tim.unsurtani@gmail.com atau melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di unsurtani.com.

Loading...