Cara Menghasilkan Benih Semangka Non Biji (Triploid/3N)

0

Untuk menghasilkan benih semangka non biji (3N/triploid), cara yang efektif dengan menyilangkan induk betina semangka tetraploid (4N) dengan serbuk sari semangka berbiji diploid (2N).

Tanaman semangka tetraploid (4N) tidak perlu ditanam secara berdampingan dengan semangka diploid (2N) karena hal ini akan memerlukan banyak tempat sehingga kurang efektif.

Cara menyilangkan semangka cukup menanam semangka tetraploid (4N) dengan jumlah 8-10 kali semangka berbiji diploid (2N).

Pada saat bunga jantan dari semangka tetraploid (4N) muncul, bunga tersebut perlu dimandulkan (kastrasi) dengan cara dipetik agar tidak terjadi penyerbukan sendiri.

Bunga-bunga jantan penghasil serbuk sari dari semangka berbiji diploid (2N) dikumpulkan pada satu wadah khusus, kemudian dilakukan penyerbukan buatan dengan bantuan manusia.

Cara penyerbukan yaitu serbuk sari bunga jantan semangka berbiji diusap-usapkan memutar ke putik pada bakal buah semangka tetraploid (4N).

Cara Membuat Semangka Non-Biji

Penyerbukan dilakukan pada pagi hari antara pukul 06.30-09.30 WIB. Sebagai tanda telah diserbuki, pada percabangan tempat bakal buah muncul ditandai dengan tali rafia berwarna.

Apabila cuaca mendung dan dikhawatirkan hujan, bakal buah yang telah diserbuki ditutup dengan kantong kertas minyak atau plastik polybag yang diikatkan agak longgar, agar ada sirkulasi udara. Benih-benih yagn dihasilkan dari persilangan ini merupakan benih semangka non-biji (3N/triploid).

Benih-benih semangka non-biji ini bunga jantannya mandul (steril) sehingga untuk menghasilkan buah harus diserbuki dengan bungan jantan semangka berbiji.

Baca juga :

Demikianlah informasi Cara Menghasilkan Benih Semangka Non Biji (Triploid/3N). Informasi ini akan diperbarui secara berkala menyesuaikan kebutuhan dan permintaan dari para pembaca. Segala macam kritik, saran, dan pertanyaan bisa disampaikan via email di tim.unsurtani@gmail.com atau melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di unsurtani.com.

Loading...