10 Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi (Jamur Tidak Beracun)

0

Unsurtani.com – Sebagai salah satu sumber hayati, jamur (mushroom) diketahui hidup liar di alam. Selain dikonsumsi, ada banyak jenis jamur yang diketahui berkhasiat sebagai obat, terutama dinegara Cina dan Jepang. Dalam ramuan obat tradisional Cina dapat ditemukan jamur Cordyceps sinesis, Ganoderma aplanarum atau G. lucidum. Dua jamur yang terakhir dikenal pula dengan nama ling zhi yang kini sedang ramai dibicarakan karena diketahui dapat memberikan kekebalan pada tubuh.

Penggunaan jamur hanya dengan mengandalkan produksi alami melalui perburuan tidak mungkin dapat memenuhi tingginya permintaan pasar. Oleh karena itu, budidaya jamur merupakan salah satu cara untuk memenuhi permitaan akan jamur konsumsi.

 

Di alam banyak dikenal jenis jamur yang dapat dikonsumsi, baik berupa jamur yang masih liar maupun jamur yang sudah dibudidayakan. Simak juga Ciri-Ciri Jamur Beracun (Tidak Boleh Dikonsumsi). Berikut ini 10 jenis jamur yang dapat dikonsumsi:

11. Agaricus bisporus (Jamur Putih atau Jamur Kancing)

Jamur kancing merupakan salah satu jenis jamur komsumsi lainnya. Disebut dengan nama jamur kancing karena jamur ini memiliki bentuk yang mirip dengan kancing pakaian. Jamur ini memiliki bentuk bulat dengan warna putih bersih, krem dan coklat.

Habitat

Jamur kancing tumbuh berpencar atau bergerombol pada kompos, kotoran hewan, tanah subur di sepanjang jalan, kebun, dan sangat umum dijumpai dibawah tegakan Cupressus di daerah beriklim subtropik. Di alam, tubuh buah jamur tumbuh pada musim gugur dan dingin.

Catatan lain:

Setiap butir jamur kancing dengan ukuran besar memiliki kandungan sodium, bebas lemak dan kaya akan vitamin (seperti vitamin B dan pottasium) selain itu jamur kancing memiliki kandungan mineral yang tinggi dan rendah kalori serta memiliki rassa manis.

Selain karna memiliki banyak manafaat yang didapatkan, banyak negara di dunia membudidayakan jenis jamur ini karena jamur ini memiliki harga yang sedikit mahal sehingga menjadikan sebagai peluang usaha yang menggiurkan.

Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama anda disini