Kelebihan Pertanian Organik

0

Dari data yang pernah dilaporkan beberapa lembaga bahwa pertanian organik memiliki kelebihan atau keuntungan dibandingkan dengan pertanian non-organik. Namun demikian, data tersebut masih perlu diteliti dan diuji tingkat keakurasiannya dalam kondisi beragam dan skala yang lebih luas.

Beberapa keuntungan pertanian organik antara lain sebagai berikut.

1. Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap OPT

Pemberian pupuk organik menjadikan vigor akar dan batang tanaman lebih kokoh sehingga menurunkan serangan beberapa OPT seperti nematoda bintil akar (Meliodogyne sp.) pada tanaman tomat dan tanaman padi lebih tahan terhadap serangan hama.

2. Meningkatkan aktivitas mikroorganisme antagonis

Pemberian pupuk organik dapat meningkatkan populasi mikroorganisme yang menguntungkan bagi tanaman seperti rhizobium dan mikoriza. Selain itu, juga meningkatan populasi dan aktivitas mikroorganisme antagonis seperti Trichoderma sp. dalam menekan pertumbuhan Ganoderma sp. (cendawan akar putih) yang sering menyerang tanaman perkebunan, cendawan akar Phytopthora sp. (die back) pada tanaman alpukat.

3. Membantu mencegah erosi

Pemberian pupuk organik membantu menurunkan tingkat erosi pada tanah yang mudah terkikis oleh air dan angin. Penambahan bahan organik akan merangsang pertumbuhan fungsi, bakteri, dan aktinomicetes, Mycelium dan eksudatnya menjadikan struktur tanah lebih kompak.

4. Meningkatkan cita rasa

Beras menjadi lebih pulen, singkong lebih terasa gembur, dan buah-buahan lebih manis.

5. Menaikkan kandungan gizi

Dari percobaan di New South Wales dan Western, Australia, bahwa pemberian pupuk organik terjadi peningkatan kandungan protein pada tanaman kacang-kacangan hingga 14%.

6. Memperbaiki struktur buah

Pupuk organik menyebabkan penampilan kulit buah strawberry dan cabai lebih mengkilap.

7. Memperpanjang masa simpan

Pemberian pupuk organik dapat memperpanjang masa simpan, karena buah tidak cepat busuk.

Baca : Kendala Pertanian Organik dan Mengatasinya

Demikianlah informasi Kelebihan Pertanian Organik, semoga bermanfaat bagi Anda. Segala macam kritik, saran, dan pertanyaan bisa disampaikan via email di tim.unsurtani@gmail.com atau melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di unsurtani.com.

Loading...