Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Semangka

0

Buah semangka yang dipanen tepat waktunya akan berwarna merah cerah, bertekstur remah, renyah, manis, dan banyak mengandung air sehingga disukai banyak orang.

Pada saat cuaca panas, terutama di musim kemarau, buah semangka mudah ditemui dimana-mana, mulai dari pasar buah, rumah makan, penjaja buah, bahkansampai di hotel-hotel.

Semangka diketahui mengandung zat-zat tertentu yang cukup efektif dalam membunuh sel-sel kanker. Profesor Masathosi Yamazaki dari Universitas Tokyo memaparkan hasil temuannya tersebut pada seminar ahli kanker Jepang bulan Oktober 1993.

Semangka, pisang, dan rumput laut mengandung suatu zat tertentu yang mampu menghidupkan aktivitas fungsi sel darah putih yang mampu meningkatkan sistem kekebalan.

Hasil percobaan menunjukkan bahwa semangka, pisang, dan rumput laut mengandung zat-zat yang dapat menstimulir phagocyte. Phagocyte sendiri merupakan suatu sel darah yang mampu melindungi sistem darah dari infeksi dengan cara menyerap mikroba untuk mematikan sel-sel penyebab penyakit kanker.

Kandungan kalori buah semangka sangat mudah, sehingga semangka dapat berfungsi sebagai diuretik. Buah semanga mengandung pigmen karotenoid jenis flavonoid yang memberikan warna daging buah merah atau kuning.

Flavonoid berperan pula sebagai anti alergi yang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mengurangi pengeluaran histamine dan zat-zat alergi lainnya. Bahkan menurut penemuan terbaru, flavonoid ini ikut berperan dalam pencapaian kesehatan badan secara optimal.

Meskipun sedikit, semangka mengandung vitamin-vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh manusia. Tabel 1 menjelaskan komposisi zat-zat yang terkandung dalam semangka per 100 gram berat dapat dimakan.

Selain sebagai pelepas dahaga, jenis semangka berbiji tertentu ditanam untuk diambil bijinya sebagai satu makanan kecil. Di beberapa daerah seperti di Dempet-Demak dan Grobogan-Purwodadi, Jawa Tengah, para petani secara turun-temurun menanam semangka berbiji lokal yang buah kecil khusus diambil bijinya.

Biji-biji tersebut dikumpulkan untuk kemudian dikeringkan dan sap dikirim ke pabrik-pabrik yang khusus mengolah biji semangka sebagai makan cemilan yang terkenal sebagai kuaci. Semangka juga tidak jarang digunakan sebagai bahan sayuran.

Di daerah-daerah pedesaan tidak jarang dijumpai buah-buah muda sortiran yang tidak dipelihara, digunakan sebagai acar atau bahan sayuran, karena rasanya yang mirip mentimun (Cucumis sativus L.)

Baca juga yuk :

Demikianlah informasi Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Semangka, semoga bermanfaat bagi Anda. Segala macam kritik, saran, dan pertanyaan bisa disampaikan via email di tim.unsurtani@gmail.com atau melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di unsurtani.com.

Loading...