Manfaat Pupuk Organik Padat Bagi Kesuburan Tanah

0

Bahan organik tidak secara langsung diperlukan oleh tanaman. Pupuk organik padat merupakan makanan bagi tanah, karena mempunyai sifat-sifat yang sangat menguntungkan bagi kesuburan tanah, seperti kapasitas tukar kation, daya serap, dan daya ikat air.

Kesanggupan tanah untuk menyuplai ion hara yang dapat diabsorpsi oleh tanaman merupakan ukuran kesuburan tanah. Kapasitas tukar kation (KTK) yang relatif tinggi pada pupuk organik akan membantu melepaskan ion-ion tanah yang terikat sehingga menjadi tersedia bagi tanaman dan akan mengefisienkan pemupukan kimia karena daya ikatnya terhadap ion. Dengan demikian, kehilangan ion akibat pencucian oleh air hujan yang biasa terjadi pada pemupukan kimia dapat dikurangi.

Kemampuan menyerap air oleh pupuk organik padat sangat membantu tanaman, terutama pada musim kering. Begitu pula untuk bibit yang baru pindah langsung (transplanting), pemberian pada sekeliling akar akan melembapkan tanah, sehingga dapat mengurangi stres tanaman.

Pupuk organik padat dapat merangsang aktivitas mikroorganisme sehingga kondisi kimia, fisik, dan biologi tanah lebih baik. Secara umum, manfaat pupuk organik padat adalah sebagai berikut:

1. Menambah Kesuburan Tanah

Pupuk organik termasuk pupuk majemuk karena mengandung unsur hara makro (N,P,K) dan unsur mikro (Ca,Mg,Fe,Mn,Bo,S,Zn,Co) yang dapat memperbaiki porositas tanah.

Pada tanah berstruktur jelek seperti tanah liat dengan penambahan bahan organik akan mengurangi kelengketan sehingga mudah diolah. Sementara pada tanah berpasir, penambahan pupuk organik dapat meningkatkan daya pegang tanah terhadap air dan hara.

2. Memperbaiki Kondisi Kimia Tanah

Pada tanah asam, ion-ion yang dibutuhkan tanaman cenderung dalam kondisi terikat. Dengan adanya pupuk organik akan terjadi sistem pengikatan dan pelepasan ion dalam tanah sehingga dapat mendukung pertumbuhan tanaman.

3. Memperbaiki Kondisi Biologi Tanah

Pupuk organik merangsang mikroorganisme tanah yang menguntungkan seperti rhizobium, mikoriza, dan bakteri pengurai fosfat atau kalium. Konsentrasi oksigen dan karbondioksida dalam tanah berhubungan dengan aktivitas biologi tanah. Hubungan peningkatan kadar karbondioksida dan bahan organik bisa dilihat dalam gambar berikut ini:

4. Memperbaiki Kondisi Fisik Tanah

Kemampuan mengikat air oleh pupuk organik dapat menjadikan porositas tanah lebih baik, sehingga akan mendukung respirasi dan pertumbuhan akar tanaman.

5. Pemakaiannya Aman Bagi Manusia

Pemakaian pupuk organik tidak meninggalkan residu pada hasil panen, sehingga tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan manusia.

6. Tidak Mencemari Lingkungan

Pupuk organik tidak mencemari lingkungan, sedangkan pupuk kimia terserap oleh tanaman sekitar 30-60%, sisanya terserap dalam tanah atau hilang tercuci oleh air. Lahan pertanian yang berdekatan dengan pemukiman seperti lahan sawah yang aliran airnya juga dipakai untuk kebutuhan sehari-hari akan membahayakan kesehatan untuk jangka panjang.

Baca : Mengenal Pupuk Organik Padat

Demikianlah informasi Manfaat Pupuk Organik Padat Bagi Kesuburan Tanah, semoga bermanfaat bagi Anda. Segala macam kritik, saran, dan pertanyaan bisa disampaikan via email di tim.unsurtani@gmail.com atau melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di unsurtani.com.

Loading...