Mengatasi Penyakit Bakteri Daun Bergores Pada Tanaman Padi

0

Penyakit bakteri daun bergores atau hawar daun bergores disebabkan oleh Xanthomonas oryzae pv. Oryzicola. Kehilangan hasil akibat penyakit ini pada musim hujan 88,3-17,1% dan pada musim kemarau 1,5-5,9%.

BIOLOGI, EKOLOGI DAN GEJALA PENYAKIT

Gejala awal penyakit bakteri bergores berupa garis pendek kebasahan seperti terpercik air panas, lebar 0,5-1,0 mm dan panjang 3-5 mm searah panjang daun.

Pada varietas yang peka bercak bergores memanjang sampai beberapa cm dan beberapa bercak yang berdekatan sering bersatu membentuk gejala yang lebih luas sehingga sulit dibedakan dengan gejala hawar daun bakteri.

Pada keadaan lembab dapat ditemukan eksudat bakteri pada permukaan daun. Bakteri dapat menyebar melalui angin dan menimbulkan infeksi baru. Bakteri memasuki tanaman melalui kerusakan mekanik atau melalui terbukanya Cell secaara alami.

Baca : Pengendalian Penyakit Hawar Daun Bakteri (Kresek) Pada Tanaman Padi

ORGANISME PENYEBAB

Bentuk batang 1,2 x 0,3-0,5 um. Gram negatif, tidak mempunyai spora dan kapsul, bergerak dengan flagela single polar. Aerob, tumbuh baik pada 28 C. Koloni pada nutrien agar kuning pucar, circuler, licin, pinggirannya entire, convec dan viscid.

PENGENDALIAN

Gunakan benih yang bebas penyakit hawar daun bergaris. Gunakan kompos jerami yang matang.

PENYAKIT BAKTERI LAIN

BACTERIAL STRIPE Penyakit bakteri bergaris Pseudomonas syringae pv. Panici. Ditemukan pada bibit padi gogo dan menimbulkan kerusakan.

GEJALA

Penyakit mulai dari bagian bawah pelepah, seperti garis kebasahan, hijau tua berupa garis longitudinal. Panjang luka biasanya 10 cm dengan lebaar 0,5-1 mm. Pada infeksi ringan tanaman dapaaaat tumbuh tanpa memperlihaatkan kerusakan. Akan tetapi bila infeksi berat menyebabkan kerdil dan kematian bibit.

ORGANISME

Cell bentuk batang, flagel 2-3 polar 1,5-2,5 x 0,5-0,8 um. Tidak punya kapsul, gram negatif. Pada nutrien agar koloni circuler, pitih. Pemukaan licin dan pinggirannya entire.

CARA PENGENDALIAN

Belum diketahui. Penyakit ini ditularkan melalui benih.

PENYAKIT BAKTERI BUSUK PELEPAH BUSUK BATANG

Bacterial sheath rot Pseudomonas syringae pv syringae merusak batang, menghasilkan bercak coklat, atau hitam pada nodus, panicel dan benih bisa menjadi steril.

PENYAKIT LAINNYA

Bakteri busuk hitam, bercak hitam pada gabah pada bagian ujung, tengahtengah atau jarang pada bagian dasar. Bakteri menyusup lapiran aleuron dan bagian atas endosperm. Pseudomonas itoana. Busuk gabah (Pseudomonas glumae).

Gabah yang terinfeks jarang pada panicel, pada beberapa kasus hampir setengah bulir rusak. Bulir yang terinfeksi puatih kehijauan kemudian menjadi abu-abu kotor. Selanjutnya menjadi kuning coklat.

Baca : Cara Ampuh Atasi Hama Burung Pada Tanaman Padi

Loading...