Optimasi Tanaman Refugia: Turunkan Hama Sejukkan Mata

0

Pengendalian hama serangga pada tanaman padi atau sayuran bisa menggunakan pengendalian secara alami dengan memanfaatkan serangga musuh alami. Hasilnya terkadang lebih efektif, effisien dan ekonomis serta berdampak lingkungan yang lebih baik.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah mengimbau para petani untuk menanam tanaman jenis refugia untuk menekan serangan organisme pengganggu tanaman, selain itu juga dapat mempercantik persawahan.

Mau tau lebih lanjut tentang Refugia, yuuk kita liat ­čÖé

Apa sih tanaman Refugia itu ?

Semua jenis tanaman yang dapat berfungsi sebagai microhabitat dari serangga musuh alami dan penarik hama tanaman disebut Refugia.

Bunga tanaman tersebut akan mengeluarkan nectar yang baunya menarik serangga musuh alami maupun serangga hama tanaman untuk datang.

Apa saja contohnya tanaman Refugia ?

Tanaman yang berbunga seperti kenikir, jengger ayam, tapak dara, bunga matahari, bayam dan kembang kertas masuk golongan tanaman refugia.

Bagaimana penanaman Refugia ?

Penanaman refugia pada lahan sawah dan sayuran atau sekitarnya merupakan suatu usaha konservasi serangga musuh alami. Hal tersebut dimaksudkan agar tercipta agroekosistem di lahan-lahan pertanian bisa terjaga.

Apabila agroekosistem lahan pertanian stabil maka populasi hama akan seimbang dengan populasi serangga musuh alami.

Penaman tanaman refugia pada tanaman padi diusahakan sesaat pembuatan galeng selesai sehingga pada saat tanaman refugia berbunga padi sudah mulai tumbuh sehingga dapat terhindar dari berbagai jenis hama tanaman.

Untuk jenis tanaman sayuran, sebaiknya sebelum pengolahan lahan selesai, terlebih dahulu bisa dilakukan penanaman refugia sehinggga pada saat tanaman sayuran sudah tumbuh besar, tanaman refugia sudah mulai berbunga dan memikat hama tanaman.

Serangga-serangga musuh alami seperti kumbang, lalat, lebah, semut, thrips dan kupu-kupu serta hama sangat tertarik dengan tanaman yang berbunga.

Baca : Inilah Beberapa Musuh Alami Penggerek Batang Padi

Demikian informasi tentang Optimasi Tanaman Refugia: Turunkan Hama Sejukkan Mata, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...