Pengendalian Penyakit Gosong Palsu (False Smut) Pada Tanaman Padi

0
Pengendalian Penyakit Gosong Palsu (False Smut) Pada Tanaman Padi

Penyakit gosong palsu disebabkan oleh jamur Ustilagonoidea virens (Cooke) Takah. Penyakit ini ditemukan meluas di daerrah tropis Asia dan Italia, Australia, Costa Rica, Dominican Republic, Panama, Mexico, Amerika Selatan, dan Amerika Serikat.

Penyakit menyebabkan pengapuran dan menurunkan berat 1000 butir, juga dapat menyebakan penurunan daya berkecambah diatas 35%. Kehilangan hasil akibat penyakit ini di Indonesia belum pernah ada laporan, tetapi di India dilaporkan dapat mencapai 75%.

Gabah/biji terinfeksi menjadi besar berwarna hijau kuning berupa massa spora lebih kurang berdiameter 1 cm atau lebih. Warna bola massa spora tersebut menjadi gelap atau berubah menjadi hitam kehijauan.

Baca : Pengendalian Penyakit Hawar Daun Bakteri (Kresek) Pada Tanaman Padi

Bagian tengah dari massa spora tersebut adalah massa miselia yang keras terdiri dari hifa-hifa hyalin dan tipis. Spora U. virens adalah kecil-kecil, bulat, halus. Secara umum tidak semua biji dalam satu malai yang terinfeksi.

Gejala Penyakit Gosong Palsu Pada Padi

Biologi dan Ekologi

Penyakit berkembang di dataran rendah maupun tinggi. Jamur biasanya masuk pada ovari pada stadia awal pembungaan, tetapi dapat juga menginfeksi pada biji yang masak. Askospora dihasilkan dari perithesia bertepatan dengan awal penyerbukan padi.

Askospora tersebut menjadi sumber inokulum primer. Askospora jatuh pada kepala putik dan menginfeksi biji. Jamur mengkonversi ovary menjadi bola smut yang memproduksi banyak konidia. Konidia disebarkan oleh angin dan berkecambah dalam beberapa jam, sebagai sumber inokulum sekunder.

Jamur dapat bertahan sebagai sklerosia atau bola spora yang keras yang disebut pseudomorphs yang dilaporkan dapat bertahan lebih dari 4 bulan di bawah kondisi lahan. Selain padi, dapat menginfeksi gulma Panicum trypheron, Digitaria adscendens, D. Marginata, padi liar, dan jagung yang merupakan sumber inokulum penting antar musim tanam padi di daerah tropik.

Periode hujan, kelembaban tinggi, dan nitrogen tanah yang tinggi dilaporkan cocok untuk perkembangan penyakit ini. Angin merupakan agen penyebaran spora dari tanaman ke tanaman.

Pengendalian

Pengendalian dapat dilakukan dengan menghilangkan jerami dan tunggul tanaman yang terinfeksi. Penyemprotan fungisida dapat dilakukan dengan captan, captafol, fentin hydroxide, mancozeb dan Copper oxychloride, carbendazim, dan fungisida tembaga yang dilaporkan efektif mengendalikan penyakit.

Baca : Pengendalian Penyakit Kerdil Hampa dan Kerdil Rumput Akibat Wereng Cokelat

Demikian informasi tentang Pengendalian Penyakit Gosong Palsu (False Smut) Pada Tanaman Padi, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...