Apa yang Dimaksud Dengan Sifat Biologi Tanah?

0

Unsurtani.com – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Apa yang Dimaksud Dengan Sifat Biologi Tanah? Tanah dihuni oleh bermacam-macam mikroorganisme. Jumlah tiap grup mikroorganisme sangat bervariasi, ada yang terdiri atas beberapa individu, akan tetapi ada pula yang jumlahnya mencapai jutaan/g tanah. Mikroorganisme tanah berperan terjadinya pelapukan bahan organik pendauran unsur hara.

Tanah yang subur mengandung sejumlah mikroorganisme dengan populasi tinggi yang menggambarkan adanya suplai makanan atau energi yang cukup, ditambah lagi dengan temperatur yang sesuai, ketersedian air yang cukup, kondisi ekologi lain yang mendukung perkembangan mikroorganisme pada tanah tersebut.

Fungsi dan mikroorganisme lainnya seperti bakteri berperan besar dalam merombak bahan organik yang ada di dalam tanah, sehingga dapat dilepaskan unsur-unsur hara yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Begitu juga kehadiran bakteri pelarut fosfat yang biasanya ada di sekitar perakaran dengan kisaran jumlah 103-106 sel/g tanah sangat berperan dalam penyediaan P.

Kehadiran makro fauna tanah, seperti cacing tanah berpengaruh positif bagi kesuburan tanah. Lahan pertanian yang mengandung cacing tanah pada umumnya memang lebih subur. Tanah yang bercamput dengan kotoran cacing memberikan banyak manfaat bagi tanaman.

Selain menyuburkan tanah, lubang bekas jalan cacing tanah juga berfungsi memperbaiki aerasi dan drainase di dalam tanah, sehingga tanah menjadi gembur. Cacing tanah juga membantu Pengangkutan sejumlah lapisan tanah dari bahan organik dan memperbaiki struktur tanah dari dalam tanah ke permukaan atau sebaliknya.

Baca : Apa yang Dimaksud Dengan Sifat Kimia Tanah?

Demikian informasi tentang Apa yang Dimaksud Dengan Sifat Biologi Tanah?, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...