Apa yang dimaksud Dengan Sifat Fisik Tanah?

0

Tanah terdiri dari bahan padat, cair dan gas senantiasa berinteraksi serta berpengaruh pada sifat fisik tanah. Sifat fisik tanah antara lain: kepadatan tanah (BD), konsistensi, kematangan tanah, kadar air tanah, daya menahan air, aerasi, tekstur, dan struktur tanah.

Tekstur tanah merupakan komposisi pasir, debu, dan liat yang membentuk tanah. Tekstur tanah sangat berpengaruh terhadap kemampuan daya serap air, ketersediaan air di dalam tanah, besar aerasi, infiltrasi, dan laju pergerakan air (perkolasi). Dengan demikian maka secara tidak langsung tekstur tanah juga dapat mempengaruhi perkembangan perakaran dan pertumbuhan tanaman, serta efisien dalam pemupukkan dan air tersedia dalam tanah.

Ikatan pasir, debu, dan liat yang membentuk susunan yang lebih besar disebut dengan struktur. Struktur tanah dapat memodifikasi pengaruh tekstur dalam hubungannya dengan kelembapan, porositas, tersedianya unsur hara, kegiatan jasad hidup, dan pertumbuhan akar. Struktur tanah dapat diamati dari bentuk, plastisitas, sehingga dikenal tanah gembur, tanah keras/berbongkah.

Baca : Apa yang dimaksud Dengan Kesuburan Tanah?

Peranan bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik tanah sangatlah besar. Bahan organik bertindak sebagai perekat partikel tanah. Sifat fisik tanah yang sangat dipengaruhi antara lain tekstur tanah, struktur tanah, dan kapasitas menahan air. Tiga sifat fisik tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas dan kesuburan tanah.

Secara sederhana tekstur tanah mengandung pengertian komposisi bahan fisik/partikel tanah (pasir, debu, lempung/liat). Jumlah lempung/liat pada tanah akan berpengaruh pada kesuburan tanah.

Tekstur tanah berubah dari waktu ke waktu, tergantung masukan atau perubahan partikel tanah. Struktur tanah sangat dipengaruhi oleh pengelolaan tanah oleh petani. Kedua sifat fisik tanah tersebut akan berpengaruh terhadap kapasitas/kemampuan tanah dalam mengikat air.

Warna tanah merupakan salah satu sifat fisik tanah yang mudah dilihat dan menunjukkan sifat dari tanah tersebut.

Warna tanah pada umumnya adalah hitam, coklat, karat, abu-abu, kuning, atau putih. Warna tanah biasanya dikaitkan dengan kandungan bahan organik tanah, iklim, drainase tanah, dan jenis mineral pembentuknya. Warna gelap pada tanah umumnya disebabkan oleh kandungan bahan organik yang tinggi.

Baca : Cara Tepat Untuk Mengetahui Tingkat Kesuburan Tanah

Demikian informasi tentang Apa yang dimaksud Dengan Sifat Fisik Tanah?, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...