Apa yang Dimaksud Dengan Sifat Kimia Tanah?

0

1. Derajat kemasaman tanah (pH)

Reaksi tanah menunjukkan sifat kemasaman atau alkalinitas/kebasaan tanah yang dinyatakan dengan nilai pH. Tanah bereaksi netral yaitu mempunyai pH = 7. Nilai pH berkisar dari 0-14 dengan pH = 7 disebut netral, sedangkan pH kurang dari 7 disebut masam, dan pH lebih dari 7 disebut alkalis. Walaupun demikian pH tanah umumnya berikisar dari 3,0 hingga 9,0

Di Indonesia umumnya tanah bereaksi masam dengan 4,0 – 5,5 sehingga tanah dengan pH 6,0 – 6,5 sering telah dikatakan cukup netral, meskipun sebenarnya masih agak masam. Mengukur pH tanah dapat dilakukan di laboratorium, dan bisa langsung di lapangan, misalnya menggunakan kertas lakmus, pH Trough, dan perangkat uji tanah kering (PUTK).

2. Bahan organik tanah

Kandungan bahan organik dalam tanah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam menentukan keberhasilan suatu budidaya pertanian. Hal ini terkait dengan peran bahan organik yang dapat meningkatkan kesuburan kimia, fisika, maupun biologi tanah.

Baca : Apa yang dimaksud Dengan Sifat Fisik Tanah?

Tinggi-rendahnya bahan organik bisa digunakan sebagai indikator kesuburan tanah, karena sangat pentingnya peran bahan organik dalam tanah. Pada tanah yang subur, kadar bahan organik optimum adalah 5%, tetapi saat ini sebagian tanah sawah di Indonesia berkadar C antara 1-2%, bahkan pada lahan kering kebanyakan kurang dari 1% C organik.

3. Kapasitas tukar kation (KTK)

Merupakan sifat kimia yang snagat erat hubungannya dengan kesuburan tanah. KTK merupakan kemampuan tanah memegang kation-kation. Tanah dengan kation tinggi adalah tanah yang mampu memegang kation yang banyak. Tanah-tanah dengan kandungan bahan organik atau kadar liat tinggi mempunyai KTK lebih tinggi dari pada tanah-tanah dengan kandungan bahan organik rendah atau tanah-tanah berpasir.

Nilai KTK tanah sangat beragam dan tergantung pada sifat dan ciri tanah itu sendiri. Besar kecilnya KTK tanah dipengaruhi oleh reaksi tanah, tekstur atau jumlah liat, jenis mineral liat, bahan organik dan pengapuran, serta pemupukan.

4. Kejenuhan Basa

Kejenuhan basa yaitu perbandingan dari jumlah kation basa yang ditukarkan dengan kapasitas tukar kation yang dinyatakan dalam persen. Kejenuhan basa rendah berarti tanah kemasaman tinggi dan kejenuhan basa mendekati 100% tanah bersifat alkalis. Tanah sangat subur bila kejenuhan basa > 80%, berkesuburan sedang jika kejenuhan basa antara 50-80% dan tidak subur jika kejenuhan basa < 50%.

Baca : Cara Tepat Untuk Mengetahui Tingkat Kesuburan Tanah

Demikian informasi tentang Apa yang Dimaksud Dengan Sifat Kimia Tanah?, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...