Inilah Penyebab Munculnya Buih Pada Air Kolam Ikan Lele

0

Unsurtani.com – Munculnya buih pada air kolam ikan lele harus menjadi perhatian bagi pembudidaya ikan. Oleh karenanya, buih yang muncul pada kolam ikan bisa menjadi tanda bahwa kondisi air kolam cenderung tidak sehat bagi ikan lele. Dalam pembudidaya ikan lele sering sekali kita jumpai hal semacam ini.

Air kolam yang tidak sehat, tentu akan menyebabkan ikan lele rentan terserang penyakit yang fatalnya dapat menyebabkan kematian. Tentu hal ini dapat membuat pembudidaya ikan lele mengalami kerugian.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan air kolam ikan lele berbusa/berbuih.

1. Peningkatan Kadar Karbondioksida (CO2)

Kemungkinan pertama air kolam lele muncul buih karena terjadi peningkatan kadar gas CO2 dan banyaknya plankton yang mati. Selain air yang berbuih, kondisi ini biasanya juga menyebabkan air kolam lele menjadi keruh dan pekat.

2. Tingginya Kadar Organik Terlarut Dalam Air

Kemungkinan kedua adanya buih pada air kolam bisa disebabkan karena tingginya kadar organik terlarut dalam air. Bahan organik ini bisa berasal dari sisa kotoran ikan yang tidak terurai serta sisa pakan yang tidak termakan oleh ikan.

3. Ikan Lele Mengalami Stres

Perlu anda perhatikan, usai air kolam lele diganti, ikan lele tidak boleh di beri pakan terlebih dahulu, setidaknya selama 1×24 jam. Jika pemberian pakan dipaksakan itu dapat menyebabkan terjadinya stres pada ikan lele tersebut, sehingga biasanya akan muncul buih-buih seperti busa dipermukaan air.

4. Ledakan Alga (Algae Blooming)

Kemungkinan ketiga penyebab air kolam berbusa adalah fenomena ledakan alga atau biasa disebut algae blooming. Kondisi ini terjadi karena proses pemupukan yang berlebihan penggunaan katalis plankton.

Hal ini menyebabkan populasi alga menjadi tidak terkendali. Selain munculnya buih, ledakan alga ini juga menyebabkan air kolam menjadi pekat.

Selain kemungkinan di atas, munculnya buih pada air kolam lele bisa jadi dikarenakan anda baru saja melakukan penggaraman pada kolam.

Penggaraman biasa dilakukan pembudidaya ikan untuk menstabilkan pH air setelah kolam lele terguyur air hujan. Selain itu penggaraman biasa dilakukan untuk terapi pengobatan maupun mencegah penyakit menyerang ikan lele.

Baca juga Kapan dan Bagaimana Mengganti Air Kolam Lele Yang Tepat?

Banyak kita jumpai air kolam lele berwarna hijau pekat, namun tidak berbusa, apakah hal ini berbahaya bagi ikan? Jelas ini tidak berbahaya bagi ikan lele, malah itu bagus bagi ikan lele, warna air hijau pekat itu berarti menandakan plangtonnya banyak, yang bisa jadi sumber makanan bagi ikan lele.

Demikian informasi tentang Penyebab Munculnya Buih Pada Air Kolam Ikan Lele. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...