Kapan dan Bagaimana Mengganti Air Kolam Lele Yang Tepat?

0

Unsurtani.com – Dalam budidaya ikan lele, baik itu pembenihan maupun pembesaran selalu akan ada waktunya untuk dilakukan pergantian air kolam atau membuang sebagian air kolam, lalu ditambahkan air baru.

Kenapa mengganti air kolam lele sangat penting?

Pergantian air kolam lele dilakukan karena beberapa faktor yaitu ikan lel sudah tidak nyaman lagi di kolam tersebut, hal itu biasanya ditunjukkan dengan ciri ciri ikan lele menggantung di permukaan air dan nafsu makan ikan lele mulai berkurang.

Selain itu, mengganti air kolam juga untuk menyeimbangkan kembali bakteri yang terdapat dalam kolam tersebut, biasanya ini dilakukan oleh pembudidaya lele ketika ikan mulai terserang penyakit.

Lalu Bagaimana Cara Mengganti Air Kolam Lele Yang Benar?

Baik pembenihan maupun pembesaran, sebelum mengganti air kolam lele, maupun hanya mengurangi 30% air kolam lele, sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

  • Puasakan ikan minimal 12 jam,
  • Cek kondisi kesehatan ikan bisa dilihat dari beberapa gerakan ataupun kumis ikan lele,
  • Waktu pergantian air sebaiknya pada pagi atau sore hari,
  • Mengganti dengan air tandon atau air baru.

Nah, jika persiapan diatas sudah cukup, lakukan pergantian air dengan membuang air kolam bagian bawah sebanyak maksimal 50% dan minimal 30%. Jika air kolam lele sudah dibuang, kemudian diisi kembali dengan air tandon maupun air baru.

Perlu anda perhatikan, usai air kolam lele diganti, ikan lele tidak boleh di beri pakan terlebih dahulu, setidaknya selama 1×24 jam. Jika pemberian pakan dipaksakan itu dapat menyebabkan terjadinya stres pada ikan lele tersebut, sehingga biasanya akan muncul buih-buih seperti busa dipermukaan air.

Munculnya Buih Pada Kolam Ikan Lele

Catatan pengaplikasian probiotik setelah pergantian air sangat disarankan agar bakteri baik dapat cepat berkembang.

Kucuran Air Menghilangkan Amoniak dan Meningkatkan oksigen dalam Air kolam.

Banyak kita jumpai air kolam lele berwarna hijau pekat, namun tidak berbusa, apakah hal ini berbahaya bagi ikan? Jelas ini tidak berbahaya bagi ikan lele, malah itu bagus bagi ikan lele, warna air hijau pekat itu berarti menandakan plangtonnya banyak, yang bisa jadi sumber makanan bagi ikan lele.

Demikian informasi tentang Kapan dan Bagaimana Mengganti Air Kolam Lele Yang Tepat?, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...