Membuat Ramuan Herbal Untuk Mengobati Penyakit Jamur Pada Lele

0

Unsurtani.com – Penyakit jamur yang menyerang ikan lele menjadi masalah tersendiri bagi para pembudidaya ikan, khususnya ikan lele.

Untuk mengatasi masalah penyakit jamur ini sebernanya sudah banyak beredar dipasaran obat-obat pabrik yang bisa anda gunakan, namun karena harganya yang cukup mahal, orang harus berpikir dua kali.

Berikut ini bagaimana Mengatasi Ikan Lele Terserang Penyakit Jamur Saprolegnia SP

Alhasil rabal (ramuan herbal) buatan sendiri telah banyak digunakan untuk mengobati penyakit jamur pada ikan lele.

Pengobatan dengan ramuan herbal ini bisa anda gunakan jika bibit lele sudah terlanjur terserang penyakit jamur. Lalu bagaimana cara membuat ramuan herbal sendiri? berikut ini langkah-langkah:

Bahan-bahan:

  • 2 siung bawang putih
  • 10 lembar daun sirih
  • 1/4 kg kunir
  • 10 lembar daun pepaya (jika daun pepaya tidak ada bisa menggunakan daun jambu biji atau daun kipahit),

Cara Membuatnya:

Haluskan semua bahan-bahan diatas (bisa menggunakan blender atau ditumbuk manual), kemudian rebus bahan-bahan yang sudah dihaluskan dengan air bersih sebanyak 2 liter dan biarkan hingga dingin.

Cara Pengaplikasiannya:

Bisa langsung dituangkan secara merata di air kolam ikan lele dengan dosis 1 gelas per hari (harus di lakukan hingga ikan benar-benar sembuh). Dalam proses pengobatan ini tetap saja akan ada bibit lele yang mati.

Jika telat penanganannya dan dirasa banyak sekali bibit yang mati karena terserang jamur segera angkat pralon buangan air dan biarkan ikan yang terserang penyakit jamur melambaikan tangan.

Beriku ini 

Demikian informasi tentang Membuat Ramuan Herbal Untuk Mengobati Penyakit Jamur Pada Lele. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...