Mengenal Konsep Pemupukan Berimbang

0

Pemupukan berimbang diartikan sebagai pemupukan untuk mencapai status semua hara dalam tanah optimum untuk pertumbuhan dan hasil tanaman.

Hara yang telah berada dalam status optimum hanya diberikan untuk memelihara/menjaga agar status hara dalam tanah tidak menurun.

Pemupukan berimbang yang didasari oleh konsep pengelolaan hara spesifik lokasi (PHSL) adalah salah satu konsep penetapan rekomendasi pemupukan.

Dalam hal ini, pupuk diberikan untuk mencapai tingkat ketersediaan hara esensial yang seimbang dan optimum guna:

  • Meningkatkan produktvitas dan mutu hasil tanaman,
  • Meningkatkan efesiensi pemupukan,
  • Meningkatkan kesuburan tanah, dan
  • Menghindari pencemaran lingkungan.

Pemupukan berimbang bukan jumlah pupuk yang diberikan berimbang atau sama, tetapi lebih ditunjukan pada kebutuhan tanaman dan ketersediaan hara dalam tanah.

Contoh salah satu perangkat uji tanah kering (PUTK)

Tingkat kesuburan tanah tergantung pada kadar hara dalam tanah atau status hara tanah. Status hara tanah dapat diketahui dengan menganalisis tanah di laboratorium atau menggunakan perangkat uji tanah sawah (PUTS) dan perangkat uji tanah kering (PUTK), sehingga dapat ditentukan status hara tanah tinggi, sedang, atau rendah. Rekomendasi pupuk disarankan mengikuti anjuran rekomendasi berdasarkan status hara dalam tanah.

Rekomendasi pemupukan harus mempertimbangkan faktor kemampuan tanah menyediankan hara dan kebutuhan hara tanaman, dimana tingkat produksi tanaman ditentukan oleh faktor pembatas utamanya.

Pemupukan berimbang dapat dilakukan dengan mengombinasikan penggunaan pupuk anorganik, pupuk organik, dan pupuk hayati yang optimal untuk meningkatkan produksi pertanian secara berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Baca : Peranan Unsur NPK dan Mg Bagi Tanaman

Demikian informasi tentang Mengenal Konsep Pemupukan Berimbang, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...