Pengendalian Gulma Dilahan Rawa Lebak

0

Unsurtani.com – Gulma dilahan rawa lebak, khususnya pada musim kemarau akan tumbuh cepat karena genangan air menurun dan suhu relatif tinggi.

Selama genangan air dan pengolahan tanah dikerjakan dengan baik, maka infestasi gulma rendah. Dimusim hujan biasanya infeksi didominasi oleh gulma berdaun lebar yang senang dengan genangan air.

Pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut

Penyiangan dengan tangan: gulma disiangi dengan tangan pada umur 21 dan 42 hari seteah

Penyiangan mekanis: dapat menggunakan landak atau gasrk selama genangan air tidak melebihi 10 cm. Cara ini juga sekaligus menggemburkan dan memperbaiki aerasi tanah.

Pemakaian herbisida: Kondisi petakan harus macak-macak sehingga sewaktu penyemprotan dilakukan maka lapisan herbisida dapat menutupi permukaan tanah, dan apabila menggunakan herbisida pasca tumbuh, herbisida harus membasahi daun-daun gulma.

Hujan yang datang segera setelah waktu penyemprotan hanya merupakan pekerjaan sia-sia dan pemborosan saja. Contoh jenis herbisida yang dianjurkan ialah: Herbisida 2,4 D untuk gulma teki dan gulma berdaun lebar, Herbisida Butaklor, Anilofos, flufenacet, oksadiagril dan penok-sulam untuk gulma rumput dan teki.

Simak juga Agrisoy Pupuk Hayati Untuk Kedelai Dilahan Masam dan Non Masam

Demikian informasi tentang Pengendalian Gulma Dilahan Rawa Lebak. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...