Pengendalian Hama Kepinding Tanah (Lembing) Pada Tanaman Padi

0

Unsurtani.com – Kepinding tanah merupakan salah satu hama pertanaman padi. Untuk itu, akan kami bahas bagaimana pengendalian hama kepinding tanah (Black Bug) pada tanaman Padi ini.

Pada ekosistem padi khususnya di Asia, ada 2 spesies kepinding tanah yakni kepinding tanah Jepang Scotinophara (=Podops) lurida dan kepinding tanah Malaya, Scotinophara (=Podops) coarctata.

Sebenarnya ada banyak lagi spesies-spesies yang serupa dengan kedua kepinding tanah tersebut, akan tetapi populasinya masih dalam batas normal.

Kedua jenis kepinding tanah ini sering mencapai ledakan populasi yang tinggi, karena pengendalian dengan menggunakan pestisida sulit dilakukan, hama ini bisa menimbulkan kerugian besar bagi petani.

Ketika siang hari, kepinding tua yang ditandai dengan tubuhnya yang berwarna hitam coklat mengkilap, biasanya akan bergerombol di suatu pangkal batang padi, tepatnya di batas genangan air pada waktu siang hari. Namun, pada malam harinya mereka akan naik ke batang padi dan mengisap cairan dari dalam jaringan tanaman.

Siklus Hidup Kepinding Tanah – Unsurtani

Selama musim kemarau, kepinding tanah biasanya bersarang di belahan tanah yang ditumbuhi rerumputan. Kepinding tanah bisa terbang ke pertanaman padi dan berkembang biak disitu dalam beberapa generasi. Mereka akan kembali ke fase dormannya setelah padi dipanen. Kepinding dewasa dapat berpindah menempuh jarak yang cukup jauh.

Kepinding dewasa lebih mudah tertarik pada sinar matahari dengan intensitas yang kuat dan penangkapan tertinggi diperoleh ketika bulan purnama.

Pengisapan cairan tanaman padi oleh kepinding tanah bisa menyebabkan warna tanaman padi berubah warna menjadi coklat kemerahan atau kuning. Buku pada batang merupakan bagian isapan yang paling disukainya, karena menyimpan banyak cairan.

Pengisapan oleh kepinding tanah pada fase anakan, akan menyebabkan jumlah anakan padi menjadi berkurang dan pertumbuhannya akan terhambat (kerdil). Jika serangan terjadi setelah fase bunting, tanaman padi akan menghasilkan malai yang kerdil, eksersi malai yang tidak lengkap, dan gabah hampa atau gabug.

Kepinding tanah bertelur pada daun padi di ketinggian 10 cm dari permukaan tanah

Dalam kondisi populasi kepinding yang tinggi, tanaman padi yang dihisapnya dapat mati atau mengalami bugburn seperti hopperburn oleh wereng coklat. Kepinding tanah dapat dikendalikan dengan cara sebagai berikut:

  • Kepinding tanah biasanya akan bertelur pada pelepah daun di ketinggian 10 cm dari permukaan tanah. Oleh karena itu pengendalian dapat dilakukan dengan menggenang lahan setinggi 15 cm selama semalam.
  • Memasang lampu petromak yang digantungkan diatas bejana yang telah diisi minyak tanah (kerosin), sehingga kepinding yang jatuh dari lampu dapat ditampung dalah bejana.
  • Membersihkan areal lahan dari berbagai gulma agar sinar matahari bisa mencapai dasar kanopi tanaman padi.
  • Menanam varietas padi berumur genjah, untuk menghambat peningkatan populasi kepinding tanah.
  • Aplikasi dengan Beauveria bassiana atau Metarhizium anisopliae. Pengendalian dengan kimia masih sedikit informasinya

Simak juga Mengatasi Hama Wereng Coklat Pada Padi (Brown Planthopper)

Demikian informasi tentang Pengendalian Hama Kepinding Tanah (Lembing) Pada Tanaman Padi. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...