Upaya Mempertahankan Kesuburan Lahan Berlereng

0
Upaya Mempertahankan Kesuburan Lahan Berlereng

Banyak permasalahan yang biasa dihadapi oleh petani dilereng gunung untuk mempertahankan kesuburan lahan berlereng. Diantaranya adalah faktor topografi yang berperan dalam pembentukan dan kesuburan tanah adalah panjang lereng, besarnya lereng, dan vegetasi/penutupan lahan. Lahan yang berlereng mempunyai resiko tinggi terhadap terjadinya penurunan tingkat kesuburan tanahnya.

Faktor hujan yang berpengaruh terhadap erosi adalah lama dan intensitas terjadinya hujan. Curah hujan lama akan mengakibatkan terjadinya erosi yang mengangkut lapisan tanah atas yang subur. Demikian juga intensitas hujan yang tinggi, walaupun sebentar juga dapat menyebabkan erosi yang besar.

Vegetasi/penaungan akan menghambat terjadinya erosi. Pembabatan hutan untuk tanaman pangan mengakibatkan terjadinya erosi yang parah, bahkan bisa membahayakan masyarakat di sekitarnya.

Baca juga : Cara Tepat Untuk Mengetahui Tingkat Kesuburan Tanah

Penanaman tanaman pangan dan sayuran yang searah lereng meningkatkan terjadinya erosi.

Penanaman tanaman pangan dan sayuran secara terus-menerus tanpa dibarengi dengan pemupukan yang memadai akan meningkatkan erosi lapisan atas, karena pertumbuhan tanaman semakin jelek sehingga penutupan permukaan tanah berkurang.

Lalu Bagaimana Upaya Untuk Mempertahankan Kesuburan Lahan Berlereng?

  • Dengan menerapkan usaha tani konservasi yaitu suatu bentuk pengusahaan lahan.
  • Pertanian yang mengombinasikan teknik konservasi, baik mekanik maupuk vegetatif, dalam pola usaha tani terpadu.
  • Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam usaha tani konservasi adalah kemiringan lahan, kedalaman tanah, kepekaan lahan terhadap erosi, dan sistem pertanaman atau pola usaha tani.
  • Dengan membuat teras gulud atau teras bangku.
  • Pembuatan teras yang arahnya memotong lereng untuk mengurangi tingkat erosi, sehingga laju penurunan kesuburan tanah dapat diturunkan.
  • Mempertahankan tingkat kesuburan lahan berlereng dengan pengelolaan lahan secara terpadu.
  • Penerapan budidaya lorong, dengan menanam tanaman penahan erosi sepanjang garis kontur cukup efektif untuk menekan laju erosi. Pangkasan tanaman penguat teras disebarkan sebagi pupuk hijau untuk meningkatkan kesuburan tanah. Simak Cara Membuat Garis Kontur.

Demikian informasi tentang Upaya Mempertahankan Kesuburan Lahan Berlereng, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

 

Loading...