Ampas Mengkudu Sebagai Suplemen Dalam Ransum Ayam

0
Ampas Mengkudu Sebagai Suplemen dalam Ransum Ayam

Unsurtani.com – Ampas mengkudu merupakan limbah dari perasan sari mengkudu yang masih mengandung senyawa bioaktif polifenol dan saponin. Produk olahan mengkudu memiliki permintaan pasar yang terus meningkat sehingga diperoleh limbah ampas mengkudu yang melimpah dan berpotensi untuk dijadikan sebagai pakan imbuhan pada ayam.

Bioaktif ampas mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran pakan dan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan ransum pada ayam petelur. Bobot telur dan produksi yang tinggi pada ayam yang mendapat perlakuan ampas mengkudu karena efek satu atau lebih senyawa bioaktif seperti: alkaloid, bitters, flavonoids, glycosida, saponin dan tanin yang terkandung dalam ampas mengkudu.

Senyawa polifenol pada tanaman yang berhubungan dengan aktivitas metabolisme hewan dapat berupa antrakinon yang bersifat anti bakteri. Manfaat ampas mengkudu adalah sebagai imbuhan pakan pada ayam dan senyawa bioaktif menggantikan peran antibiotika.

Proses pembuatan ampas mengkudu dimulai dengan pencucian buah. Kemudian dipress dengan tekanan 100 bar. Ampasnya dioven pada suhu 60°C kemudian digiling dan dicampurkan ke dalam ransum untuk diberikan kepada ayam.

Keunggulan Ampas Mengkudu

1. Pada ayam broiler, penambahan ampas mengkudu 4,8 g/kg dapat menghasilkan bobot akhir sebesar 1.086 g/ekor, konsumsi ransum 1.692 g/ekor dan konversi ransum 1,63 g/g. Persentase bobot karkas yang mendapat ampas mengkudu cenderung lebih tinggi menjadi 68,1%, sebaliknya persentase lemak abdomen cenderung lebih rendah menjadi 1,76% dibandingkan dengan kontrol

2. Pada ayam petelur, pemberian ampas mengkudu 5 g/kg meningkatkan bobot telur menjadi 56,34 g/butir (peningkatan sebesar 4,4%), memperbaiki konversi ransum menjadi 2,28 g/kg (peningkatan sebesar 7,5%) dan cenderung meningkatkan produksi telur hen day 82,97 % (peningkatan sebesar 4,7%). Dengan demikian suplementasi ampas mengkudu sebesar 4,8 g/kg dapat menjadi alternatif dalam efisiensi konversi ransum ayam broiler

3. Perbaikan efisiensi penggunaan ransum oleh bioaktif ampas mengkudu sebanyak 5 g/kg setara pada ayam petelur dengan antibiotika (50 ppm Zink basitrasin) dalam aspek produksi dan bobot telur.

Simak juga Cara Membuat Campuran Jerami (Straw Mix) Untuk Pakan Ternak

Info lebih lanjut: Balai Penelitian Ternak (Ida Ayu K Bintang, Arnold P Sinurat dan T. Purwadaria)

Loading...