Begini Cara Budidaya Selada di Polybag 100% Berhasil

0

Unsurtani.com – Selada (Lactuca Sativa) merupakan sayuran daun yang sering dimakan mentah. Tanaman satu ini termasuk sayuran yang mudah sekali dibudidayakan. Cara untuk membudidayakan pun juga beragam, ada yang secara konvensional, hidroponik maupun di polybag.

Suhu optimal bagi pertumbuhan selada ialah antara 15-25°C. Jenis tanah yang disukai selada ialah lempung berdebu, lempung berpasir, dan tanah yang masih mengandung humus.

Meskipun demikian, selada masih toleran terhadap tanah-tanah yang miskin hara asalkan diberi pengairan dan pupuk organik yang cukup

Penyiapan Bibit

  • Rendam benih dengan larutan Zat Pengatur Tumbuh 2 cc/L selama 2 jam. Media semai berupa campuran pasir dan tanah ayak dengan perbandingan 1 : 1.
  • Siapkan nampan dengan media tanah ditambahkan urea 1 gram, SP-36 0,5 gram, KCL 0,25 gram.
  • Letakkan ditempat yang ternaungi, diamkan selama 2 minggu dan jaga kondisi media tetap lembab.
  • Setelah 2 minggu, tebar benih merata pada wadah semai, tutup dengan tanah halus setebal 0,5 cm.
  • Bibit mulai tumbuh setelah 3 – 5 HSS (Hari Setelah Semai).
  • Bibit diadaptasikan sampai siap tanam (1 – 2 minggu).
  • Bibit siap pindah tanam jika jumlah daun sudah 3 – 4 helai.

Media Tanam

Untuk media tanama digunakan tanah dalam polybag ukuran diameter 20 cm. Penyiapan media dengan mencampur tanah dengan Pembenah Tanah 0,2 gr/polybag, dan dolomite 2 gr/polybag, Pupuk Organik Padat 0,02 gram/polybag, Urea 0,75gram/polybag, SP-36 1,24 gram/polybag, KCL 0,44 gram/polybag.

Campurkan Pupuk Organik Padat dengan pupuk makro, siram dengan air dan biarkan media dalam polybag selama 1 minggu dalam keadaan lembab. Setelah 1 minggu, media siap tanam.

Penanaman dan Pemeliharaan

Penanaman dengan menanam 1 tanaman per polybag. Sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Penyulaman dilakukan pada tanaman yang mati maksimal 1 hst. Penyiraman dilakukan setiap hari dengan melihat kondisi lahan. Penyiangan dilakukan setiap 2 minggu sekali atau melihat kondisi pertumbuhan gulma.

Pupuk Organik Cair diaplikasi secara semprot dosis 2 cc/L setiap 1 minggu sekali. Pemupukan susulan umur 21 hst, dengan perlakuan Urea 0,75 gram/polybag, KCL 0,44 gram/polybag, Pupuk Organik Padat 0,02 gram/polybag.

Panen

Panen Selada bisa dilakukan setelah 20-30 hari setelah bibit ditanam. Jadi, bila dihitung mulai dari penyemaian sampai panen, kira-kira dibutuhkan 40-60 hari. Produktivitas tanaman selada keriting bisa mencapai 15-20 ton per hektar. Panen dilakukan dengan mencabut tanaman sampai keakar-akarnya.

Setelah dipanen, bagian akar selada kriting dicuci dan daundaun yang rusak dibuang. Kelompokkan daun selada keriting berdasarkan ukuran. Pengerjaan pasca panen harus dilakukan dengan cepat dan segera karena tanaman selada keriting tak tahan panas dan penguapan.

Apabila pengangkutan ke pasar ada jeda waktu yang lama, simpanlah sayuran tersebut di tempat yang lembab dekat dengan air atau secara rutin diciprati air.

Simak juga Teknis Budidaya Selada Keriting, Mudah dan Menguntungkan

Demikian informasi tentang Begini Cara Budidaya Selada di Polybag. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...