Cara Melakukan Penjarangan Anakan Pisang

0

Unsurtani.com – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana Cara Melakukan Penjarangan Anakan Pisang. Penjarangan anakan dilakukan dengan tujuan mengurangi persaingan hara antar tanaman dan meningkatkan pertumbuhan tanaman, produktivitas dan kualitas hasil. Membiarkan anakan pada tanaman pisang dapat mengurangi produksi.

Saat penjarangan juga berperan penting dalam managemen produksi. Ada dua tipe anakan yang dihasilkan yaitu anakan muda dengan daun yang sempit (anakan pedang) dan anakan dengan daun yang lebar (anakan air).

Satu rumpun maksimum dengan 1-2 anakan yang berbeda umur. Penjarangan dilakukan setiap 3 bulan. Anakan yang dibuang adalah yang tumbuhnya mengarah pada jalan kebun.

Anakan yang dipilih untuk dipelihara adalah anakan yang berdaun pedang, tingginya 20-40 cm, pertumbuhan kuncup daun baik. Dengan pembuangan anakan ini pohon induk akan berbuah dengan arah pertumbuhan buah ke jalan untuk memudahkan pemanenan. Anakan berumur 6 bulan dapat dijadikan sebagai bahan tanaman untuk inisiasi kebun baru.

Simak juga Cara Membuat Bibit Pisang Kultur Jaringan

Penjarangan anakan dapat dilakukan dengan cara mematikan anakan dengan metode sebagai berikut:

1. Potong anakan sebatas permukaan tanah, congkel bagian tengah batang lalu tuangkan 2-3 ml (½ sendok teh) minyak tanah.

2. Dapat juga menggunakan 2,4-D 50% sebanyak 2-12 tetes pada batang semu anakan yang telah mencapai tinggi 30-60 cm. Anakan yang lebih kecil dosisnya dapat dikurangi.

Tanaman yang akan dilakukan penjarangan
Tanaman yang akan dilakukan penjarangan

Demikian informasi mengenai Cara Melakukan Penjarangan Anakan Pisang. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...