Cara Membuat Campuran Jerami (Straw Mix) Untuk Pakan Ternak

0

Unsurtani.com – Apa itu Straw mix? Straw mix atau campuran jerami ini merupakan jerami yang ditambahkan berbagai bahan pakan lain, seperti bekatul dan molases yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kadar protein bahan pakan tersebut, meningkatkan konsumsi pakan dan merangsang nafsu makan pada hewan ternak.

Jerami merupakan limbah pertanian padi yang memiliki kandungan lignin dan silikat. Zat tersebut bisa menyebabkan daya cerna ternak ruminansi menjadi rendah. Oleh sebab itu, penambahan bahan lain ini dilakukan guna meningkatkan daya cerna dan meningkatkan kandungan gizi jerami itu sendiri, sehingga di sukai oleh hewan ternak.

Bekatul dan molases bisa digunakan sebagai bahan membuat Straw Mix, karena bisa berfungsi sebagai penambah rasa untuk meningkatkan nafsu makan hewan ternak. Bagaimana cara membuat straw mix? untuk membuat 10 kg Straw Mix ini bisa digunakan untuk pakan sapi seberat kurang lebih 400 kg.

Bahan dan alat:

  • 6 kg jerami kering
  • 2 kg bekatul/dedak
  • 2 liter molases (tetes tebu)
  • Air secukupnya
  • Ember

Cara membuat :

  1. Timbang semua bahan yang digunakan,
  2. Siapkan jerami yang sudah dicacah halus, kemudian,
  3. Campur semua bahan, pertama jerami di campur dengan bekatul kemudian tambahkan molases yang sudah di campur air secukupnya, aduk bahan hingga tercampur merata.
  4. Straw mix pun siap diberikan pada hewan ternak Anda.

Straw mix ini bisa diberikan pada ternak ruminansia, seperti sapi, kambing dan domba.

Berdasarkan pengamatan, pemberian straw mix pada hewan ternak sapi menunjukkan palatabilitas yang tinggi, ini artinya straw mix langsung habis di makan, namun pemberian kepada kambing dan domba agak lama habisnya.

Kambing dan domba pada awalnya hanya mencium atau mengendus straw mix saja, tetapi setelah diberi tambahan konsentrat diatas straw mix, perlahan-lahan ternak kambing dan domba mulai memakan straw mix itu sedikit demi sedikit dan lama kelamaan juga habis.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan straw mix ini sebagai pakan ternak?

Kelebihan straw mix yaitu mampu meningkatkan nilai gizi yang terkandung dalam jerami padi, meningkatkan daya cerna dan meningkatkan palatabilitas pada hewan ternak.

Sedangkan kekurangan straw mix yaitu tidak tahan lama, apabila straw mix dibuat pagi, maka sebaiknya sore hari harus sudah habis.

Simak juga Cara Meningkatkan Rasa dan Nutrien Jerami Sebagai Pakan Ternak

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Campuran Jerami (Straw Mix) Untuk Pakan Ternak. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...