Cara Mengatasi Hama Rayap Pada Tanaman Singkong

0

Unsurtani.com – Pada bibit yang baru ditanam, rayap akan mengerat dan memakan batang bibit (stek) ubi kayu sehingga pertumbuhan stek terganggu, bahkan mato. Pada pertanaman yang lebih tua, rayap akan memakan akar dan masuk kedalam batang, menyebabkan batang menjadi lemah dan mudah patah (rapuh).

Serangan rayap umumnya terjadi pada musim kemarau, ketika rayap menyerang akar tanaman gejala kerusakan awal adalah tanaman terlihat layu. Kemudian tanaman akan mati ketika terjadi gerekan dalam akar tunggang, batang, dan cabang, karena distribusi dan pergerakan nutrisi dalam sistem vaskular tanaman terganggu.

Pada pohon buah-buahan dan tanaman berkayu yang lain, serangan dimulai dari adanya lubang kecil atau retak atau kayu mati terserang hama serangga atau luka pemangkasan. Rayap terutama memakan kayu, tapi spesies lain mengumpulkan rumput hijau dan biji-bijian untuk dsimpan di lumbung dalam sarang mereka sebagai cadangan makanan bagi nimfa.

Bioekologi

Berbagai jenis rayap diketahui menyerang batang dan umbi ubi kayu. Rayap hidup dalam tanah atau didalam sarangnya di permukaan tanah. Rayap juga sering ditemukan hidup dalam saluran pada permukaan batang ubi kayu.

Batang tanaman ubi kayu yang mudah patah karena diserang rayap

Didalam sarang, rayap terdiri atas rayap pekerja, rayap serdadu, raja dan ratu. Rayap pekerja dan serdadu berupa serangga dengan badan berwarna putih atau coklat dan kepala berwarna cokklat. Dalam sebuah koloni yang baru didirikan, ratu meletakkan sekitar 5 telur.

Ketika telur menetas, larva diberi makan oleh ratu dari cairan lambungnya. Setelah koloni berkembang, telur diletakkan secara tunggal atau dalam dua bars sebanyak 16-24 telur, direkatkan oleh sekresi agar-agar, tergantung pada spesies.

Inkubasi antara 24-90 hari tergantung pada kondisi iklim. Nimfa terdiri dari tujuh instar, tergantung spesies dan kondisi lingkungan. Nimfa diberi makan dan dirawat oleh rayap pekerja selama 2-6 bulan tergantung spesies.

Rayap dewasa berukuran 4-15 mm, warna bervariasi dari putih sampai coklat, dan bahkan hitam, tergantung pada spesies. Rayap dapat diidentifikasi sesuai kasta dimana mereka berada. Ada 4 kasta dalam koloni rayap yaitu: raja, ratu, prajurit dan pekerja. Ratu adalah rayap terbesar di koloni, perannya adalah bertelur untuk meningkatkan populasi. Ratu rayap mampu menghasilkan seribu telur dalam sehari. Sedangkan raja rayap selalu siap disamping ratu untuk mengawininya.

Para prajurit memiliki kepala besar dan rahang yang kuat. Mereka memancarkan cairan jika diganggu. Dalam koloni rayap, populasi para pekerja adalah yang terbanyak. Mereka mengumpulkan makanan, pakan ratu, merawat dan memberi makan nimfa, serta membangun dan mempertahankan sarang.

Tidak seperti semut, rayap jantan dan betina bisa menjadi pekerja. Nimfa dengan sayap lengkap akan menjadi raja atau ratu di masa berikutnya.

Pengendalian

1. Kultur Teknis

  • Membajak sawah untuk menghancurkan sarang rayap agar terpapar sinar matahari dan dimakan predator seperti semut, burung, maupun ayam.
  • Sanitasi dan membersihkan lahan dari sisa-sisa tanaman sebelumnya.
  • Rotasi tanaman untuk mengurangi penumpukkan rayap. Menanam tanaman yang sama setiap musim tanam membuat tanaman rentan terhadap serangan rayap.

2. Secara Kimiawi

  • Menyerbuki bibit yang akan ditanam denga insektisida,
  • Menaburkan insektisida carbofuran kedalam tanah.

Simak juga Pengendalian Hama Uret (Lundi) Pada Tanaman Singkong

Demikian informasi tentang Cara Mengatasi Hama Rayap Pada Tanaman Singkong. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...