Cara Mengecek Kondisi Telur Yang Baik

0
Cara Mengecek Kondisi Telur Yang Baik

Unsurtani.com – Mengecek kondisi telur yang baik menjadi hal yang perlu kita lakukan untuk memastikan telur tersebut layak untuk dikonsumsi maupun untuk dijual. Sebagai konsumen, anda harus lebih jeli dalam memilih telur yang baik, karena tak jarang ada penjual nakal yang mencampur telur busuk dengan telur baik.

Jika anda membeli telur di pasar, usahakan cari lapak yang ramai pembeli, karena bisanya telur lama ataupun rusak, karena stoknya cepat habis dan diganti yang baru. Berbeda jika anda membeli telur dari pedagang yang relatif sepi pembelinya, anda harus ekstra hati-hati dalam memilih telur.

Berikut ini pedoman yang bisa Anda gunakan dalam memilih telur yang baik. Perlu diketahui, telur segar memiliki kekentalan yang baik, sehingga kuning telurnya berada di tengah-tengah.

Namun, kelamaan larutan didalamnya akan semakin encer sehingga kuning telur bisa bergeser ke tepi. Selain itu, kantung udara di bagian ujung membulat telur memiliki diameter yang relatif kecil dari pada telur segar, yakni sekitar 1,5 cm. Kantong udara itu makin lama juga akan membesar.

Berdasarkan sifat tersebut, saat memilih telur segar kita bisa menggunakan cara berikut ini:

1. Terawanglah telur di depan cahaya sambil diputar-putar,

  • Jika kuning telur sudah bergeser, itu menandakan telur dalam kondisi yang kurang segar.
  • Jika kuning telur sudah pecah dan bercampur berarti telur sudah rusak.

2. Letakkan telur digenggaman anda, kemudian secara perlahan dikocok-kocok secara perlahan, apabila terasa padat, itu menandakan telur dalam kondisi baik. Namun jika sudah kocak itu menandakan sudah tidak bagus.

2. Direndam dalam air tawar atau larutan garam 10% ( 1 sdt garam dalam 2 gelas air),

  • Jika telur tenggelam, itu menandakan telur masih segar,
  • Jika sedikit terapung, berarti kantong udara di ujung telur sudah membesar dan menandakan telur sudah lama.
  • Jika telur melayang dalam larutan, berarti telur sudah rusak.

3. Pengamatan kulit luar:

  • Telur yang masih segar biasanya memiliki warna kulit yang cerah,
  • Telur yang sudah lama biasanya mempunyai warna kulit kusam/keruh, juga mulai timbul bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur.

Simak juga Cara Menyimpan Telur Yang Baik Agar Tahan Lama

Demikian informasi mengenai Cara Mengecek Kondisi Telur Yang Baik. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

REVIEW OVERVIEW
Sangat membantu
SHARE
Loading...