Cara Menyimpan Telur Yang Baik Agar Tahan Lama

0
Cara Menyimpan Telur Yang Baik Agar Tahan Lama

Unsurtani.com – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Menyimpan Telur Yang Baik Agar Tahan Lama. Tentu, agar telur tahan lama perlu penanganan khusus. Mari kita bahas lebih mendetail.

Kadang kita sering membeli telur dalam jumlah yang banyak, dan disimpan untuk keperluan sewaktu-waktu dibutuhkan. Agar telur bisa bertahan lama, ada tahapan-tahapan yang bisa anda gunakan untuk persiapan penyimpanan telur, dapat berpedoman sebagai berikut:

1. Sebelum disimpan, usahakan telur dicuci dahulu untuk menghilangkan kotoran maupun kemungkinan bakteri yang menempel pada cangkang telur. Dalam mencuci telur, jangan menggunakan benda yang kasar, karena dapat mengakibatkan kulit telur terkikis, sehingga mudah pecah. Hal tersebut juga menyebabkan pelebaran pori-pori pada kulit telur, sehingga bakteri mudah masuk dan merusak telur.

2. Setelah dicuci, sebaiknya telur dicelupkan ke dalam minyak parafin cair (60 derajat Celcius). Kemudian diangin-anginkan sehingga akan terbentuk lapisan tipis yang bisa menutupi pori-pori kulit telur dan terhindar dari serangan bakteri.

3. Atau bisa juga dengan cara dicelupkan dalam air mendidih selama 5 detik. Cara ini bertujuan untuk membentuk lapisan tipis disekeliling kulit telur bagian dalam akibat satu lapisan tipis putih telur terkoagulasi. Lapisan itu juga berfungsi menutup pori-pori kulit telur.

4. Selanjutnya, Simpanlah telur di dalam lemari pendingin (kulkas), lebih baik lagi pada suhu 0 derajat celsius agar telur bisa tetap segar dalam waktu yang cukup lama.

Simak juga Cara Mengecek Kondisi Telur Yang Baik

Demikian informasi mengenai Cara Menyimpan Telur Yang Baik Agar Tahan Lama. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...