Cara Pemupukan Pohon Pisang Yang Tepat

0

Unsurtan.com – Berikut ini saya akan memberikan informasi bagaimana Cara Pemupukan Pohon Pisang Yang Tepat. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas bagaimana Cara Melakukan Penjarangan Anakan Pisang, silahkan juga anda baca.

Pemupukan dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan unsure hara tanaman dan mendapatkan pertumbuhan tanaman yang optimum, produksi yang tinggi dan kualitas yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan serta memperkuat pertumbuhan tanaman pisang.

Jenis pupuk yang digunakan adalah:

Bahan organik:

  • Pupuk kandang,
  • Kompos

Pupuk kimia yang terdiri dari N (urea, ZA, KNO3, NPK), N (urea, Za, KNO3, NPK), P (TSP, SP-36) dan K (KCl, KNO3)

Pemupukan dilakukan dengan cara:

  • Membuat parit di sekeliling rumpun dengan jarak minimal 50 cm dari pohon dengan kedalaman 10-15 cm.
  • Pupuk ditebarkan disepanjang parit sesuai dosis.
  • Setelah pupuk diberikan parit ditutup dan dilanjutkan dengan pembumbunan.
  • Lingkaran tajuk diusahakan bersih dari rumput/gulma

Aplikasi pupuk organik dilakukan pada saat penyiapan lubang tanam dengan dosis 10-20 kg/lubang tanam. Sedangkan aplikasi pupuk kimia dilakukan tiga sampai empat kali dalam satu tahun.

Pemupukan I: satu bulan setelah tanam (Urea 150g, SP-36 100g, KCl 200g), pemupukan II, III & IV selang 3 bulan dari pemupukan sebelumnya (Urea 150g, SP-36 100g dan KCl 450g.

Tabel Pemupukan Pohon Pisang

Demikian informasi mengenai Cara Pemupukan Pohon Pisang Yang Tepat. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...