Pengendalian Hama Kepinding Tepung (Mealybug) Pada Tanaman Singkong

0

Unsurtani.com – Kepinding tepung merupakan hama pengisap cairan daun dan batang tanaman. Adanya racun yang terbawa oleh liur hama tersebut akan menyebabkan gejala kerdil pada daerah titik tumbuh, ruas menjadi pendek, daun baru yang baru tumbuh menjadi kecil dan mengkerut.

Dengan meningkatnya kepadatan populasi kepinding akan mengakibatkan titik tumbuh tanaman menjadi layu. Apabila serangan terjadi pada daun-daun bawah akan menyebabkan kerontokan daun.

Bioekologi

Kepinding tepung (mealybug), Phenacoccus sp. adalah hama tanaman ubi kayu (singkong) pada musim kemarau, karena pada musim kemarau kondisi lingkungan sangat membantu peningkatan populasi kepinding.

Sebaliknya, pada musim hujan intensitas serangannya akan menurun. Suhu udara sangat mempengaruhi perkembangan biolgi kepinding. Semakin panas suhu udara, semakin cepat perkembangan kepinding, baik kepinding yang jantan maupun betina.

Pada suhu 20 derajat celcius untuk menempuh satu siklus kepinding betina memerlukan 90 hari, pada suhu 25 derajat celcius hanya membutuhkan 38 hari, sedangkan kisaran suhu optimum adalah 25-30 derajat celcius.

Untuk kepinding jantan hanya memerlukan separuh dari waktu yang dibutuhkan oleh kepinding betina. Pada tanaman ubi kayu, kepinding dapat dijumpai hidup pada batang, tangkai daun, dan daun yang telah membuka sempurna.

Dari data yang telah dikumpulkan dirumah kaca Balitkabi, Malang terlihat bahwa sebaran populasi kepinding pada tanaman ubi kayu umur 4 bulan tertinggi pada daun (49-57 ekor/tanaman), kemudian pada batang (27-48 ekor/tanaman) dan sedikit pada tangkai daun (1-2 ekor/tanaman).

Pengendalian

  • Kultur Teknis: Penanaman seawal mungkin pada awal musim penghujan,
  • Stek yang sehat dan bersih dengan pencelupan stek dalam air panas 52 derajat celcius selama 10 menit,
  • Pengendalian Biologis: parasit Acerophagus coccois, Epidinocarsis diversicornis, Anagyrus elgeri. Pemangsa kepinding kebanyaan dari famili Coccinellidae (Coleopatra).
  • Pengendalian Kimiawi: insektisida dengan bahan aktif Organophosphat dan dimethoate.

Simak juga Pengendalian Hama Tungau Merah (Tetranychus urticae) Pada Singkong

Demikian informasi tentang Pengendalian Hama Kepinding Tepung (Mealybug) Pada Tanaman Singkong. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...