Pengendalian Hama Kutu Kebul Pada Tanaman Singkong

0

Unsurtani.com – Serangga muda dan dewasa menghisap cairan daun. Adanya serangan kutu kebul tidak menimbulkan kerusakan yang berarti pada tanaman singkong.

Namun apabila serangga mengandung virus (vi-ruliverous) maka sambil menghisap cairan tanaman, serangga bisa menularkan African Cassava Mosaic Virus (ASMV).

Bioekologi

Serangga dewasa mempunyai sayap berwarna puth terang, seperti A. disperse, tapi berukuran lebih kecil dan tidak ditutupi oleh material tepung atau lilin berwarna putih.

Serangga ini biasanya meletakkan telurnya dibawah permukaan daun muda. Telur berwarna kuning terang dan bertangkai seperti kerucut. Serangga muda (nimfa) yang baru keluar dari telur berwarna pucat, tubuhnya berbentuk bulat telur dan pipih.

Hanya instar satu yang kakinya berfungsi, sedang instar dua dan tiga melekat pada daun selama pertumbuhannya. Walaupun demikian yang lebih dikhawatirkan adalah karena kutu kebul merupakan serangga penular penyakit virus Cassava Mosaic Disease (CMD) yang mengakibatkan menurunnya vigor dan kehilangan tanaman.

Di Afrika pada serangan African Cassava Mosaic Virus yang parah dapat menurunkan hasil hingga 90%.

Pengendalian

Kultur Teknis: Untuk mencegah serangan kutu kebul, stek yang ditanam sebaiknya diperlakukan dulu dengan insektisida. Tanaman yang sehat harus ditanam berjauhan dengan tanaman yang terserang.

Pengendalian Biologis: Di Nigeria, Prospaltella sp. (Encyrtidae) dilaporkan memparasit pupa Bemisia dan dilapang tingkat parasitasinya mencapai 20,1%, sedangkan tungau dari jenis Typhlodromus sp. merupakan pemangsa nimfa Bemisia selama musim penghujan.

Pengendalian Kimiawi: Insektisida kimia dengan bahan aktif dimethoate, demeton, methami-dophos dapat dianjurkan untuk pengendalian kutu kebul.

Insektisida Nabati: Serbuk mimba 50 g/l disemprotkan seminggu sekali dapat mengurangi serangan kutu kebul.

Simak juga Pengendalian Hama Kutu Putih Pada Tanaman Singkong

Demikian informasi tentang Pengendalian Hama Kutu Kebul Pada Tanaman Singkong. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...