Pengendalian Hama Kutu Putih Pada Tanaman Singkong

0

Unsurtani.com – Larva dan imago kutu outih menusuk dan menghisap cairan sel-sel daun, mengakibatkan sel-sel mengalami kematian (nekrosis) dan menampakkan gejala berupa bercak keputihan pada permukaan daun.

Pada populasi yang tinggi, permukaan bawah daun dipenuhi berbagai instar terdiri atas telur, larva dan imago serta lapisan tepung/lilin berwarna putih, menyebabkan tanaman menjadi lemah, kelayuan awal dan pertumbuhannya terhambat.

Serangga mengeluarkan madu yang ditumbuhi jamur embun jelaga. Daun yang menghitam menjadi kering dan kemudian rontok.

Bioekologi

Telur sangat kecil, berbentuk oval, berdiameter 0,25 mm, diletakkan berdiri secara vertikal dipermukaan bawah daun dalam pola spiral atau lingkaran. Telur yang baru diletakkan berwarna putih, kemudian berubah warna menjadi kecokelatan.

Larva transparan, oval, berukuran 0,3-0,7 mm, dan bergerak disekitarnya saat menetas untuk mencari makan. Rupa berwarna putih kotor dan dikelilingi lilin dan madu. Selama fase ini mata berwarna merah mulai tampak. Serangga dewasa berukuran panjang 1 mm dengan dua pasang sayap berwarna putih dan tubuh berwarna kuning muda.

Tubuh imago tertutup dengan bahan semacam tepung lilin. Imag hidup pada pucuk tanaman, serangga betina dapat bertelur sampai 200 butir selama dia hidup. Siklus hidup dari telur imago berlangsung sekitar 40 hari.

Dilapangan, baik telur, nimfa, maupun imago banyak ditemukan pada musim kemarau. Di kebun percobaan Muneng, kutu putih mulai terlihat pada bulan April dengan populasi yang rendah.

Pengendalian

  • Kultur Teknis: Untuk mencegah serangan kutu putih, stek yang ditanam sebaiknya diperlakukan dulu dengan insektisida. Tanaman yang sehat harus ditanam berjauhan dengan tanaman yang terserang.
  • Pengendalian Kimiawi: Jika populasi tinggi, disemprot dengan insektisida Dimethoat atau Fenthion 1,0-1,5 bb ba/l.

Simak juga Pengendalian Hama Kepinding Tepung (Mealybug) Pada Tanaman Singkong

Demikian informasi tentang Pengendalian Hama Kutu Putih Pada Tanaman Singkong. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...