Cara Jitu Pengendalian Hama Penggerek Bonggol Pisang

0
Pengendalian Hama Penggerek Bonggol Pisang

Unsurtani.com – Hama penggerek bonggol pisang ini ada yang menyebut dengan istilah uret pisang. Larva uret pisang seperti ulat tak berkaki berwarna putih hidup di dalam bonggol dan makan dengan menggeret bonggol sampai bagian tengah batang.

Karena fase larva ini tumbuh dalam bonggol dan batang, kehadirannya mengganggu metabolisme tanaman pisang sehingga penyerapan hara dan pengangkutan hasil fotosintesis terganggu.

  • Jenis Hama/Spesies: Penggerek Bonggol Pisang / Uret Pisang ; Cosmopolites sordidus Germar (Coleoptera: Curculionidae)
  • Nama Umum: Penggerek Bonggol Pisang, Uret pisang, uret bonggol pisang
  • Tanaman Inang: Pisang

Gejala: Larva kumbang moncong menggerek dan membuat lorong-lorong pada bonggol dan batang pisang dan menjadi pupa atau kepompong di lorong-lorong yang dibuatnya.

Kemudian larva akan memakan ujung akar dan jaringan pengangkut. Hal ini akan menyebabkan sebagian besar jaringan bonggol pisang mengalami kerusakan, akibatnya dapat menurunkan kemampuan tanaman untuk pengambilan air dan hara dalam tanah. Jika ini terjadi, akibatnya daun pisang akan layu, daun kuning rata, bahkan tanaman bisa kerdil (jika serangan pada saaat bibit) dan pelepahnya akan mudah patah.

Larva menggerek bonggol pisang masuk dengan cara membuat lubang pada bonggol pisang. Lubang yang dibuat oleh larva merupakan tempat untuk masuknya patogen lain seperti Fusarium, sehingga dapat menyebabkan kerusakan dan busuknya jaringan bonggol pisang.

Apabila bonggol pisang dibelah, akan tampak lorong-lorong yang dibuat oleh serangga ini. Pada serangan berat, bonggol pisang dipenuhi lubang gerekan yang kemudian menghitam dan membusuk.

Untuk membedakan gejala serangan akibat uret bonggol pisang, perbedaannya terletak pada daun kuning dan kering merata tidak seperti gejala pada layu fusarium dengan dengan daun kuning dimulai mula-mula pada ujung-ujungnya dan tidak menyebar.

Kerusakan yang diakibatkan oleh hama ini menyebabkan tanaman mudah mati, lemahnya sistem perakaran, transportasi zat makanan terhambat, daun menguning dan ukuran tandan berkurang sehingga produksi menurun.

Siklus Hidup Hama Penggerek Bonggol Pisang

Pengendalian:

1. Cara kultur teknis: Kumbang penggerek dapat bertahan selama 9 bulan pada batang pisang. Oleh karena itu, lakukan pembersihan tempat berlindung dan tempat makan serangga dewasa dengan sanitasi kebun dan membersihkan pelepah, memusnahkan batang pisang yang telah dipanen atau terserang hama ini.

Untuk memerangkap dan menarik serangga betina meletakkan telur dapat digunakan perangkap umpan rhizom. Setelah itu umpan dimusnahkan dengan dibakar.

2. Cara mekanis: Kumbang yang ada dalam batang/bonggol pisang dimatikan

3. Cara Biologi: dengan musuh alami yaitu dengan predator larva Plaesius javanicus Er, Hololepta sp, Chrysophilus ferrugineus dan Ceromasra sphenopori dan pengendalian dengan parasitoid Beauveria bassiana dan Metarrhizium sp

4. Cara kimia: dengan insektisida sistemik seperti karbofuran.

Simak juga Cara Melakukan Penjarangan Anakan Pisang

Demikian informasi mengenai Cara Jitu Pengendalian Hama Penggerek Bonggol Pisang. Semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran, serta penambahan informasi sangat kami harapkan, silahkan hubungi kami via email ke tim.unsurtani@gmail.com.

Loading...