Cara Menanam Mint Dari Bijinya

0
Cara Menanam Mint Dari Bijinya

Unsurtani.com – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana cara menanam Mint dari bijinya. Pohon mint sendiri merupakan jenis pohon herbal yang sudah di kenal luar oleh masyarakat indonesia.

Pohon Mint berasal dari Eropa dan Mediterania. Di indonesia sendiri, daun Mint banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak, pengobatan tradisional dan digunakan oleh industri sebagi perasa atau penambah aroma, seperti pada industri permen, penyegar nafas dan pasta gigi.

Daun mint banyak mengandung minyak atsiri, menthol, menthon, d-pipirition, heksanolfenil-asetat, etil amilkarbinol dan neomentol. Minyak atsiri ini berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan bakteri dan menthol di gunakan untuk penambah rasa dan aroma (Adi, 2007).

Simak juga Tips Membuat Brokoli Tetap Segar Dalam Waktu yang Lama

Selain mengandung minyak atsiri dan berbagai bentuk dari menthol pohon mint ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti, Vitamin C, Vitamin A, Karbohidrat, Protein, Lemak, Serat, Folat, Magnesium, Potasium, Mangan dan Zat Besi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita (http://akg.fkm.ui.ac.id/daun-mint/).

Pohon yang mempunyai nama latin “Mentha” ini dapat diperbanyak melalui biji ataupun dengan cara stek batang. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman cara menanam pohon mints dari biji. Oke, perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut :

Alat dan bahan

  • Biji mints (bisa dibeli ditoko tanaman hias)
  • Tanah
  • Pupuk Kompos / Pupuk Kandang
  • Air
  • Polybag

Langkah-langkah

1. Pertama-tama kita buat dulu media tanamnya, yaitu dari campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1 (2 untuk tanah dan 1 untuk pupuk kompos), lalu masukkan kedalam polibag. Sirami dengan sedikit air (biar agak lembab) dan diamkan selama semalaman.

Cara Menanam Mint Dari Bijinya

2. Setelah media tanam jadi, biji mint bisa anda taburkan, lalu pada bagian atasnya juga ditaburi tanah halus (sedikit saja jangan terlalu dalam, karena jika terlalu dalam kemungkinan biji akan busuk sebelum bisa berkecambah atau jika pun tidak busuk kecambah akan lama muncul ke permukaan tanah).

3. Kemudian siram pakai sprayer (cukup sampai basah pada permukaannya saja), setelah itu, tempatkan diluar ruangan, tempat yang teduh, usahakan jangan terkena sinar matahari langsung.

4. Periksa setiap pagi, jika sudah muncul kecambah baru letakan di tempat yang terang dan tidak perlu ditutup lagi (biasanya akan mulai berkecambah 3-5 hari ).

5. Tetap lakukan penyiraman secara berkala, hingga tanaman siap panen.

Simak juga Begini Cara Budidaya Selada di Polybag 100% Berhasil

Begitulah informasi bagaimana Cara Menanam Mint Dari Bijinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Terima kasih.

Loading...