Begini Cara Membesarkan Buah Mangga Menjadi Super Jumbo

0
Begini Cara Membesarkan Buah Mangga Menjadi Super Jumbo

Unsurtani.com – Ada beragam cara yang dilakukan untuk meghasilkan buah mangga berukuran jumbo dengan biji yang kecil. Berikut ini saya akan memberikan cara ampuh untuk membesarkan buah mangga menjadi super jumbo.

Disini saya mencobanya pada pohon mangga golek, pertama yang saya lakukan yaitu mengukur pH tanah di sekitar pohon mangga golek tersebut.

Ternyata pH nya di angka 5,5 (pH masam penyebab buah retak terbelah), harusnya pH 6,5 – pH 7 yang ideal untuk pohon mangga.

Untuk mengatasi itu, maka saya melakukan penaburan kapur dolomit sebanyak 5 kg ditambah 20 kg pupuk hijau eceng gondok. Saya gali tanah 1,5 meter dari batang tanaman, tanah di gali sedalam 15 cm selebar ukuran cangkul, lalu kapur dan pupuk hijau di tebar secara merata + 2 kg pupuk NPK + 10 ml inovasi bioteknologi racikan saya.

Setelah ditabur merata maka tanah galian tadi langsung di tutup, untuk mencegah oksidasi yang bisa membuat pupuk menjadi kurang efektif.

Pemupukan seperti ini saya lakukan 6 bulan sekali, dan saya sirami pohon mangga golek tersebut dengan air kolam ikan mas koki setiap hari. Karena saya tahu air limbah kolam ikan banyak mengandung bahan organik kotoran ikan yang baik untuk tanaman.

Penyiraman inovasi bioteknologi saya lakukan setiap bulan dengan dosis 5 ml + 10 liter air disiramkan ke akar. Saat tanaman mulai berbunga penyiraman dengan inovasi bioteknologi tetap dilakukan dengan dosis yang sama setiap bulan.

Berikut hasilnya…mantaaaap bukan?? rasanya pun sangat manis.

Apakah metode ini bisa dipakai untuk semua jenis buah-buahan??

Ya..bisa untuk semua buah, prinsipnya bahwa kebutuhan semua tanaman sama, hanya porsinya berbeda tergantung umur dan besarnya pohon, formula ini bekerja membuka sel tanaman sehingga nutrisi yg tersedia di tanah bisa di serap maksimal oleh tanaman.

Simak juga Teknik Membuat Pohon Mangga Berbuah Diluar Musim (Off-Season)

Demikian informasi Begini Cara Membesarkan Buah Mangga Menjadi Super Jumbo. Semoga bermanfaat.

Loading...