Cara Membuat Cocopeat (Skala Rumah Tangga)

0

Unsurtai.com – Cocopeat adalah serbuk halus sabut kelapa yang dihasilkan dari proses penghancuran sabut kelapa. Dalam proses penghancuran sabut kelapa dihasilkan serat yang disebut fiber, serta serbuk halus yang disebut cocopeat.

Serbuk tersebut sangat bagus digunakan sebagai media tanam, karena dapat menyerap air dan menggemburkan tanah. Selain itu, cocopeat juga bisa digunakan sebagai media ternak cacing, bahan baku pembuatan panel untuk furniture, dan bahan bakar pembuatan batu bara.

Bagaimana cara membuat cocopeat sendiri? sangat mudah sekali, berikut ini langkah-langkahnya.

Bahan dan Alat

  • Serbuk sabut kelapa sebanyak 5,5 kg
  • Mesin Pengayak
  • Mesin Pengepres

Cara Pembuatan

  1. Terlebih dahulu jemur bahan baku yang masih berupa serbuk sabut kelapa mentah selama 1 hari atau sampai kadar air dibawah 15%. Untuk mengukur kelembabannya anda bisa menggunakan Hydrometer.
  2. Jika kadar air serbuk sudah dibawah angka 15%, lanjutkan dengan tahap pengayakan. Hasil pengayakan disebut dengan “dust”.
  3. Sisa pengayakan berupa serbuk kasar dipisahkan dari yang halus “dust” dan bisa langsung dijual untuk bahan bakar pembuatan batu bara atau papan serbuk.
  4. Dust kemudian di press dengan mesin pengepres.
  5. Jadilah cocopeat balok. Kemas dengan plastik transparan dan karung.
  6. Cocopeat balok pun siap dijual.

Baca juga Membuat Media Tanam Pohon Tin

Demikian informasi bagaimana Cara Membuat Cocopeat (Skala Rumah Tangga). Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda  yang sedang membaca artikel ini. Salam Hijau!!

Loading...