Cara Penilaian Kondisi Tubuh Sapi Betina (Kurus-Gemuk)

0

Unsurtani.com Berikut ini informasi bagaimana Cara Penilaian Kondisi Tubuh Sapi Betina (Kurus-Gemuk). Kondisi tubuh ternak dapat dinilai dengan angka, mulai dari nilai angka 1 sampai 5. Nilai 1 menunjukkan kondisi tubuh ternak sangat kurus, nilai 2 = kurus, nilai 3 = sedang, nilai 4 = cukup gemuk dan nilai 5 gemuk.

Kondisi tubuh ternak yang ideal tergantung pada tujuan pemeliharaan. Ternak yang dipelihara untuk digemukkan, maka semakin gemuk akan semakin baik, namun untuk pembibitan tidak diperlukan kondisi tubuh yang terlalu gemuk.

Kondisi tubuh ternak yang ideal untuk bibit adalah pada kondisi nilai 3 atau sedang. Ternak yang terlalu kurus sering terjadi gangguan reproduksi, seperti jarak melahirkan dengan birahi pertama terlalu panjang atau keberhasilan IB yang rendah (untuk menjadi bunting ternak perlu beberapa kali IB).

Ternak yang terlalu gemuk berarti pakan yang diberikan terlalu banyak (berlebihan) yang berarti pemborosan. Pada ternak yang terlalu gemuk juga sering terjadi gangguan reproduksi.

Cara menilai kondisi tubuh ternak adalah dengan melihat dan meraba tubuh ternak dari samping dan dari belakang. Bagian yang harus diperhatikan adalah tulang belakang, tulang rusuk, tulang pinggul dan pangkal ekor.

Berikut ini gambar sapi dengan kondisi tubuh mulai dari sangat kurus (nilai 1) hingga gemuk (nilai 5).

Sumber: Erna Winarti, 2014. “Penilaian Kondisi Tubuh Sapi Betina”, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta.

Simak juga artikel terkait:

REVIEW OVERVIEW
Penilaian Kondisi Sapi
SHARE
Loading...