Membuat Pakan Fermentasi Limbah Angroindustri Untuk Ternak Sapi

0

Unsurtani.com –  Bagaimana cara membuat Pakan Fermentasi Limbah Angroindustri Untuk Ternak Sapi? mari kita bahas. Selain hijauan, golongan pakan yang sudah dikenal adalah pakan penguat/konsentrat, yang dapat dibuat dari campuran limbah agroindustri penggilingan padi, limbah pembuatan tahu dan tempe, limbah industri minyak kelapa, dsb.

Beberapa kendala dalam pemanfaatan limbah tersebut adalah tingginya kandungan serat kasar serta adanya protein yang sulit dicerna. Salah satu cara untuk meningkatkan nilai nutrisi bahan tersebut, yaitu dengan melakukan fermentasi.

Teknologi Fermentasi Limbah Industri

Limbah agroindustri yang cukup potensial untuk bahan pakan antara lain kleci (kulit ari biji kedelai, limbah dari pembuatan tahu/tempe), onggok (limbah pembuatan pati ubi kayu), bahan-bahan ini dapat difermentasi melalui 2 cara.

1. Fermentasi denan Aspergillus Niger

Manfaat yang dapat diperoleh, antara lain:

  • Meningkatkan penyerapan fosfor (P),
  • Meningkatkan kecernaan protein,
  • Meningkatkan penyerapan unsur Ca, Fe dan Zn,
  • Meningkatkan kandungan protein,
  • Menurunkan kadar serat kasar.

Digunakan pada limbah agroindustri, seperti onggok, dedak, kleci, dsb.

Cara Fermentasi :

  1. Sediakan 100 kg bahan pakan (campuran dari 15 kg kleci, 15 kg onggok, 40 kg jagung, dan 30 kg menir kedelai), masukkan kedalam ember besar.
  2. Tambahkan 8 liter air hangat ke dalam ember, aduk sampai rata dan biarkan selama beberapa menit.
  3. Setelah agak dingin, ditambahkan 100 gr Aspergillus Niger dan 1 kg Urea, kemudian aduk kembali dampai rata, selanjutnya ember ditutup rapat.
  4. Biarkan selama 3 hari, fermentasi selesai. Kandungan protein meningkat dari 13.88% menjadi 18.08%. Kandungan serat kasar menurun dari 12.35% menjadi 9.96%.
  5. Pakan siap diberikan pada sapi.

2. Fermentasi dengan Multi Mikroba

Bahan yang digunakan sama seperti fermentasi dengan Aspergillus niger.

Cara Fermentasi:

  1. Sediakan 80 liter air dalam ember, tambahkan 10 ml multi mikroba, selanjutnya aduk hingga rata.
  2. Tambahkan campuran bahan pakan (100 kg) kedalam ember, dan aduk hingga rata.
  3. Masukkan ke dalam karung, diikat rapat, dan biarkan selama 3-4 hari.
  4. Proses fermentasi selesai, pakan siap diberikan pada sapi. Kandungan protein meningkat dari 13.88% menjadi 18.22%. Kandungan serat kasar turun dari 12.35% menjadi 7.32%.
  5. Apabila akan digunakan sebagai cadangan, pakan tersebut harus dijemur sampai kering lebih dahulu sebelum proses penyimpanan agar pakan tidak berbau dan berjamur.

Simak juga Pembuatan Complete Feed Pakan Alternatif Lengkap (Efektif dan Efisien Pada Musim Kemarau)

Sumber: Sri Budhi Lestari, Fermentasi Limbah Angroindustri Untuk Pakan Ternak Sapi. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta

Loading...