Persiapan dan Perlakuan Induk Sapi Sebelum Beranak

0

Unsurtani.com – Berikut ini informasi bagaimana Persiapan dan Perlakuan Induk Sapi Sebelum Beranak. Keberhasilan pemeliharaan sapi betina sangat ditentukan oleh baiknya proses reproduksi yang dilalui oleh sapi induk. Sapi betina yang beranak sekali dalam satu tahun, diikuti proses kelahiran anak yang lancar tanpa kesulitan, akan menguntungkan peternak.

Kelahiran pedet yang sehat tanpa kesulitan, akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan pedet tersebut, juga bagi induk untuk mempersiapkan kebuntingan berikutnya. Selain faktor sapi, faktor peternak juga sangat menentukan dalam membantu kelancaran proses reproduksi sapinya.

Persiapan-persiapan yang harus dilakukan peternak adalah :

1. Umur Kebuntingan 8 bulan

Sekitar satu bulan menjelang beranak atau umur kebuntingan 8 bulan, induk sapi diberi pakan yang berkualitas tinggi, yaitu dengan memberi hijauan sebanyak 10% dari bobot induk/hari dan pakan penguat (konsentrat) sebanyak 1 2% dari bobot badan/hari.

Tujuan perbaikan pakan ini adalah agar kebutuhan induk akan gizi yang cukup saat akhir kebuntingan dapat terpenuhi. Induk yang akan melahirkan dalam kondisi prima, akan berproduksi susu cukup, berat dan pertumbuhan pedet yang lahir akan lebih baik.

Pemberian pakan yang berkualitas baik dilanjutkan selama menyusui. Pemberian pakan tambahan dianjurkan selama periode menyusui sampai anak disapih (90 hari) atau sekurang-kurangnya selama dua bulan setelah melahirkan.

Hal ini dimaksudkan agar produksi susu tinggi sehingga pedet mendapatkan air susu yang cukup. Disamping itu juga agar kondisi induk tetap prima dan siap untuk dikawinkan begitu masuk bulan ke tiga setelah melahirkan.

2. Menjelang Sapi Beranak

Peternak harus rajin mengamati tanda-tanda sapi yang akan beranak. Tanda-tanda sapi menjelang beranak adalah :

  • Ambing membesar dan terdapat tonjolan-tonjolan vena disekitarnya.
  • Puting keluar cairan kekuningan (kolostrum) jika dipencet.
  • Urat-urat daging sekitar vulva tampak mengendor, sehingga sebelah kanan dan kiri pangkal ekor kelihatan cekung (diperkirakan kelahiran akan terjadi kurang dari 24 jam).
  • Jika saat beranak tiba, induk gelisah dan berjalan berputar-putar, sebentar tidur, sebentar berdiri, kadang-kadang mengeluarkan kotoran sedikit-sedikit.
  • Vulva kelihatan memerah, bengkak besarnya menjadi 2 sampai 4 kali, dan jika dipegang terasa sangat lembek serta keluar lendir.
  • Serviks membuka. Jika satu jari dapat masuk kedalam lumen, diperkirakan kelahiran kurang dari tiga hari Iagi. Jika dua jari dapat masuk, diperkirakan kelahiran 1-2 hari Iagi. Jika tiga jari dapat masuk, kelahiran diperkirakan beberapa jam hingga satu hari.
  • Apabila sapi telah menunjukkan tanda-tanda mau beranak, sebaiknya induk sapi ditempatkan dikandang yang kering dan bersih.
  • Amati perubahan tiap jam dan siap memberikan bantuan bila diperlukan.
  • Jika induk sapi tampak  sehat dan proses  melahirkan berjalan  normal, pertolongan  dari luar tidak diperlukan.

Simak juga artikel terkait:

Sumber: Erna Winarti, “Mempersiapkan Induk Sapi Sbelum Beranak”, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta.

Loading...