ZPT Ini Membuat Semangka Berbiji Sedikit dan Buah Tidak Cepat Busuk

0

Unsurtani.com – Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Giberelin GA3, pemberian ZPT pada tanaman semangka dapat menghasilkan buah semangka berbiji sedikit dan menghasilkan buah yang telah dipanen tidak cepat busuk sehingga lebih tahan lama.

ZPT dalam tanaman mempunyai peran dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman untuk kelangsungan hidupnya. Penggunaan ZPT dalam jumlah sedikit dapat memacu, menghambat, dapat merubah proses fisiologi tumbuhan serta memberikan kontribusi penting dalam dunia pertanian.

Pemahaman tentang fungsi dan peran hormon terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah hal yang wajib untuk dipelajari. Sebab penggunaan hormon tersebut harus dilakukan dengan tepat.

Giberelin merupakan ZPT dari salah satu hormon tumbuhan yang ditemukan oleh seorang berkebangsaan Jepang pada tahun 1930. Giberelin adalah senyawa yang diambil dari jamur Gibberella Fujikuroi, ZPT ini bila disemprotkan ke tanaman lain akan membantu proses pertumbuhan.

Penggunaan ZPT Giberelin pada tanaman semangka dapat membuat buah tak berbiji. Pemberian Giberelin bermanfaat dalam proses parthenocarpy dan Fruit set. Dimana parthenocarpy merupakan proses tidak terbentuknya biji dalam buah sehingga pemberian ZPT ini bertujuan untuk proses rekayasa menghasikan buah tak berbiji.

Pemberian ZPT ini juga bermanfaat dalam meningkatkan jumlah tandan buah ( Fruit set ) dan meningkatkan hasil buah. Pemberian ZPT ini jga dapat menyebabkan buah yang telah dipanen tidak cepat busuk sehingga lebih tahan lama. Untuk menerapkan inovasi penggunaan ZPT Giberelin GA3 yang dapat membuat buah lebih tahan lama dan berbiji sedikit dicontohkan pada tanaman semangka.

Tanaman semangka tanpa biji (Citrullus vulgaris. Scard) memiliki daya tarik tersendiri dari buahnya yang segar dan manis. Kandungan airnya mencapai 92%, karbohidrat 7% dan sisanya adalah vitamin.

Semangka termasuk tanaman musim kering, tetapi akhir-akhir ini dengan teknologi yang makin berkembang, semangka dapat ditanam kapan saja. Agar dapat tumbuh dengan baik dan cepat, tanaman semangka membutuhkan iklim yang kering, panas dan tersedia cukup air.

Cara mengaplikasikan ZPT pada tanaman semangka

Alat dan Bahan

  • Gelas ukur,
  • Spayer,
  • Ember
  • Benih semangka (Citrullus vulgaris Schard) varietas hibrida Baginda F1,
  • Larutan GA3,
  • Akuades.

Cara Aplikasi:

  1. Siapkan ZPT Giberelin GA3 dalam kemasan tersebut kemudian takar sesuai petujuk dalam kemasan sesuai dengan kebutuhan luasan tanaman atau melarutkan 100 ml ZPT Giberelin GA3 dengan 900 ml aquades hingga volumenya menjadi 1000 ml atau 1 liter. Aduk atau kocok larutan tersebut hingga tercampur merata. Konsentrasi hormone dalam larutan ini adalah 10 ppm, bila penggunaan disesuaikan dengan luasannya maka perlu dilakukan penyesuaian dosis yang ada pada label kemasan.
  2. Selanjutnya simpan larutan hormon di tempat yang terlindung, sejuk, dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  3. Jika akan dipakai untuk disemprotkan ke tanaman. Larutkan setiap 1 ml hormon ke dalam 1 liter air bersih dan diaduk hingga tercampur merata.
  4. Selanjutnya semprotkan larutan hormon ke bagian tanaman.
  5. Penggunaan larutan ini bisa digunakan dari mulai penyiapan benih hingga dalam proses pemeliharaan dan pemupukan tanaman. Perlakuan untuk benih dengan cara benih dipilih dan direndam selama 1 jam selanjutnya baru dilakukan penyemaian.
  6. Penyemprotan larutan ZPT GA3 sebaiknya dilakukan pada pagi hari antara jam 06.30 hingga 09.00 WITA saran yang baik pada bunga betina dan sisa disemprotkan ke media ke arah akar hingga merata.

Simak artikel terkait:

Ditulis ulang oleh : Dalmadi BBP2TP Bogor
Sumber : Balitbangtang Direktorat Tanaman Hias Direktorat Jenderal

Loading...