Mengolah Cabai Menjadi Manisan Cabai Nan Lezat

0

Unsurtani.com – Manisan Cabai merupakan olahan buah cabai merah yang diawetkan dengan gula. Tujuan pemberian gula dengan kadar yang tinggi pada manisan cabai adalah memberikan rasa manis dan mencegah tumbuhnya mikroorganisme (jamur, kapang).

Cabai yang paling baik untuk dibuat manisan adalah cabai merah yang ukurannya besar dan berdaging tebal. Adapun cara pembuatan manisan cabai adalah sebagai berikut:

Siapkan Bahan :

  • Cabai merah
  • Gula pasir
  • Garam
  • Air

Cara pembuatan :

  1. Belah cabai dan buang semua biji dan tangkai putih yang ada didalam cabai, karena bagian inilah yang membuat rasa pedas pada cabai.
  2. Rendam cabai dalam air garam selama 6 sampai 12 jam. Penggaraman ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa rasa pedas.
  3. Kemudian, rendam cabai dalam air kapur selama 10 menit agar cabai tidak rapuh. Sambil menunggu, masaklah air dengan gula pasir, lalu aduk hingga rata dan mengental. Angkat dalam keadaan panas.
  4. Tiriskan dan cuci cabai yang telah direndam dalam larutan kapur, lalu masukkan cabai tersebut dalam larutan gula dalam keadaan panas. Hal ini
    bertujuan agar rasa manisnya meresap.
  5. Rendam cabai dalam larutan gula kira-kira 6 hingga 12 jam, hingga diperoleh manisan cabai. Kemasan yang biasa digunakan adalah plastik poli-etilen dengan tebal 0.8 mm hingga 1 mm yang ditutup dengan sealer.

Simak artikel terkait lainnya:

Loading...