Mengolah Cabai Merah Menjadi Cabai Kering

0

Unsurtani.com – Cabai kering merupakan hasil olahan cabai merah segar melalui proses pengeringan. Pada dasarnya proses pengeringan adalah pengurangan kadar air yang terdapat pada cabai hingga bakteri pembusuk tidak dapat hidup dan kerusakan dapat ditekan.

Pengurangan kadar air tersebut tidak harus serendah mungkin tetapi diturunkan hingga batas kandungan air yang diijinkan terdapat pada makanan.

Untuk menghasilkan cabai kering yang baik dengan kadar air 5-8 %, cabai merah utuh memerlukan waktu 20-25 jam, sedangkan cabai merah yang dibelah waktu yang diperlukan 10-15 jam lebih cepat.

Adapun cara pembuatan Cabai Kering adalah sebagai berikut:

  • Bahan : Cabai merah,
  • Alat-alat : Baskom, Telenan, Wajan, Serokan, Oven, Plastik/Botol plastik.

Cara pembuatan :

1. Pilih cabai yang sudah masak panen (tua), berwarna merah dan sehat, buang tangkainya dan cuci sampai bersih.

2. Tiriskan cabai kemudian belah menjadi dua.

3. Setelah itu, lakukan pemblansiran dengan tujuan untuk mempercepat waktu pengeringan, mencegah browning dan memperpanjang daya simpan. Selain itu juga untuk mencegah cabai menjadi keriput dan warna tidak kusam akibat proses pengeringan.

Adapun cara pemblansiran yaitu dengan mencelupkan cabai yang sudah dibelah ke dalam air hangat/hampir mendidih (90’C) selama kurang lebih 6 menit. Air hangat tersebut ditambahkan bahan pengawet sesuai anjuran (bukan bahan terlarang) yang berfungsi sebagai pencegah warna kusam / coklat (browning) seperti Kalsium Bisulfit atau Natrium Bisulfit 0,2% atau 2 gr/liter air, dengan takaran setiap 1 kg cabai direndam dalam larutan air 1,5 liter. Kemudian cabai diangkat dan dimasukan ke dalam air dingin, dan tiriskan.

4. Keringkan cabai yang telah diblansir. Pengeringan dapat dilakukan dengan 2 cara,yaitu :

a. Pengeringan Alami (menggunakan panas matahari)

Pengeringan yang dilakukan dengan menjemur cabai selama 8-10 hari. Apabila cuaca kurang baik, pengeringan relatif lama (12-15 hari). Cara ini biayanya cukup murah, tetapi kelemahannya sangat tergantung pada cuaca dan dapat mengakibatkan turunnya kualitas cabai kering yang dihasilkan.

b. Pengeringan Buatan (menggunakan oven)

Masukkan cabai kedalam oven suhu < 60 derajat Celcius selama 10-25 jam. Pada tahap ini suhu alat pengering harus diperhatikan jangan sampai melebihi 60 derajat Celcius. Sebaiknya setiap 3-4 jam cabai dibolak-balik agar keringnya merata. Pengeringan dapat diakhiri apabila kadar air telah mencapai 7-8 % atau bila cabai merah kering sudah mudah dipatahkan.

Rendemen/Penyusutan/penurunan berat pada pembuatan cabai kering berkisar antara 50-60% dari berat cabai segar. Setelah dingin cabai tersebut dikemas dengan plastik atau botol plastik.

Simak juga artikel terkait:

Loading...