Zinc Organik Sebagai Pakan Suplemen Ternak Ruminansia

0

Unsurtani.com – Zinc (Zn) merupakan komponen penting dalam reaksi >70 enzim yang ada dalam tubuh ternak. Zinc dibutuhkan untuk berfungsinya sistem imun (kekebalan), stabilitas membran sel dan ekspresi gen-gen tertentu dalam tubuh ternak.

Ternak membutuhkan nutrisi untuk kebutuhan dasar hidup, pertumbuhan, perkembangan janin, produksi (susu) dan reproduksi (semen, sel telur). Pakan yang baik adalah pakan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air.

Ada 2 macam mineral yang terdapat dalam pakan yaitu mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro adalah Kalsium, Fosfor, Magnesium, Kalium, Sulfur, Natrium dan Khlorin. Sedangkan mineral mikro adalah Seng (Zn), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), Selenium (se), Kobalt (Co) dan Yodium (I).

Dari penelitian yang dilakukan di Balai Penelitian Ternak bahwa terkait teknologi pembuatan mineral organik (Zn-metionin) diperoleh Zn-organik (Zn-metionin) meningkatkan fermentasi rumen ditunjukkan dengan total gas yang lebih tinggi (17.7%). Kemudian Zn organik dapat meningkatkan produksi susu dan Zn organic + Kalem (Kalsium Lemak) meningkatkan volume semen.

Sementara itu pemberian Zn organik pada sapi anak (pedet) tidak berbeda bila formulasi sudah optimum, berbeda hal nya pada kambing muda dapat meningkatkan konsumsi dan Pertambahan Bobot Badan Harian (PBBH).

Simak artikel terkait lainnya:

Loading...