Panduan Lengkap Pembenihan Ikan Betutu

0

Unsurtani.comBagaimana sih Pembenihan Ikan Betutu? berikut panduan lengkapnya. Ikan betutu (Oxyeleotris marmorata) merupakan salah satu jenis ikan yang dulu tidak laku dijual. Namun saat ini ikan betutu mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi dan sebagai salah satu komoditas ekspor. Ikan betutu sangat digemari masyarakat kalangan menengah atas, biasanya ikan betutu dijadikan menu favorit di restoran-restoran ternama di Singapura, Taiwan, Cina, Malaysia, dan Indonesia.

1PENDAHULUAN

Habitat betutu adalah perairan tawar hingga payau yang perairannya tenang dan dangkal seperti sungai, danau, rawa, waduk dan genangan air lainnya yang dasarnya berlumpur dan terdapat tanaman air.

Ikan betutu dikenal dengan berbagai sebutan di berbagai daerah dan negara, ada yang menyebut dengan nama ketutu, gabus malas, bakut, gloso, bloso, boso, boboso, bodobodo, bakutut, ikan malas, ikan bodoh, ikan hantu, “sun hock” (Cina), “marble goby” atau “marble sleeper” (Inggris).

Penyebaran ikan betutu meliputi Asia Tenggara yaitu Filipina, Laos, Thailand, Vietnam, Brunei
Darussalam, Kamboja, Semenanjung Malaya, dan Indonesia: (Sumatera, Kalimantan dan Jawa), hingga kepulauan Fiji di Pasifik.

Permintaan ikan betutu cenderung terus meningkat, baik untuk kebutuhan pasar domestik maupun ekspor. Oleh karena itu budidaya ikan betutu mulai banyak dilirik dan diminati masyarakat kususnya pembudidaya ikan.

Namun demikian proses pembesaran yang berlangsung lama, tingkat kematian cukup tinggi dan benih yang masih mengandalkan hasil tangkapan di alam merupakan kendala dan tantangan yang harus dijawab. Maka dari itu perlu adanya upaya untuk memproduksi benih ikan secara masal melalui pembenihan ikan betutu. Lingkungan yang cocok untuk pembenihan ikan betutu adalah suhu 24,5 – 29ºC, oksigen terlarut 4,4 – 6,29 ppm dan pH 6,75 – 7.

Back