Kebutuhan Pakan Untuk Ayam Kampung

0

Unsurtani.com – Ayam kampung biasa dibudidayakan oleh peternak di Indonesia dengan cara diumbar, atau ayam dibiarkan berkeliaran dan mencari makan sendiri. Namun, cara ini dipandang kurang memiliki nilai ekonomis jika tujuan pemeliharaan untuk profit oriented.

Pola pemeliharaan ayam kampung secara intensif merupakan cara yang bisa mendatangkan keuntungan sebagai sebuah bisnis. Permintaan daging ayam kampung yang cukup besar memberikan peluang bisnis yang menggiurkan untuk budidaya ayam kampung secara intensif.

Permasalahan Pakan Ayam Kampung

Pakan pada ayam kampung memegang peranan yang cukup penting dalam menentukan pertumbuhan ayam kampung. Meski demikian sebenarnya pakan untuk ayam kampung tidaklah serumit pakan untuk ayam lain seperti broilel, ayam petelur, dan ayam-ayam lainnya.

Bahan pakan yang bisa diberikan antara lain : konsentrat, dedak, jagung. Selain makanan pabrikan tersebut bisa juga diberikan pakan alternatif seperti sisa dapur, warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain sebagainya.

Pakan alternatif tersebut cukup bisa menghemat biaya produksi sehingga keuntungan usaha ayam kampung bisa meningkat. Yang terpenting dalam menyusun ransum untuk ayam kampung harus memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yaitu protein kasar (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg.

Kebutuhan pakan untuk ternak ayam kampung asli ini membutuhkan 70% dari modal kita beternak. Jadi untuk memaksimalkan pendapatan dari hasil beternak kita harus jeli memilih pakan yang berkualitas namun tetap murah.

Kebutuhan ayam dibagi menjadi 2, yakni kuantitas dan kualitas pakan ayam untuk ayam kampung asli.

1. Kuantitas

Adalah jumlah kebutuhan ayam dihitung dari jumlah yang dibutuhkan setiap harinya. Kuantitas di sini bukan berarti banyaknya kandungan gizi yang ada di pakan, tetapi jumlah pakan yang dibutuhkan ayam kampung asli.

2. Kualitas

Adalah jumlah kebutuhan gizi ayam dihitung dari jumlah kebutuhan kalori, vitamin, mineral dan lain sebagainya untuk memenuhi pertumbuhan dan perkembangan ayam kampung asli.

Kuantitas (jumlah pakan yang dibutuhkan) ayam untuk memenuhi kebutuhan pakan ayam kampung asli kita bisa membaginya berdasarkan umur ayam. Berbeda umur dan berat kebutuhan pakan akan nutrisi atau gizi juga berbeda. Kebutuhan pakan akan nutrisi ayam berdasarkan umur dapat di lihat pada Tabel dibawah ini.

Dari tabel diatas, terlihat memang kebutuhan pakan ayam kampung lebih sedikit dibanding ayam ras. Ini dikarenakan ayam kampung memang memerlukan ransum dan nutrisi yang selalu berkurang saat ayam berlarian atau beraktifitas. Beda dengan ayam ras yang hanya sedikit beraktifitas.

Simak artikel lainnya mengenai Ayam, berikut ini:

Selain makanan, ayam kampung memerlukan minuman. Minuman diberikan secara tidak terbatas, disediakan wadah untuk minuman, jika habis ditambahkan lagi.

Oleh: Yenni Yusrianni (BPTP Aceh)

Loading...