Unsurtani.com – Syngenta Indonesia pada Jumat (24/3/2017) lalu secara resmi melepas produk benih jagung hibrida terbaru yakni NKPerkasa di Syngenta Seed Station, Papar, Kediri, Jawa Timur. Benih NKPerkasa sendiri merupakan varietas benih yang tahan bulai dan hasil produksinya yang tinggi.

Country Head Syngenta Indonesia, Parveen Kathuria, mengatakan peluncuran benih NKPerkasa tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Syngenta karena dapat meluncurkan inovasi teknologi terbaru benih jagung.

“NKPerkasa diharapkan dapat menjadi solusi bagi para petani jagung untuk menanggulangi penyakit bulai sekaligus memberikan hasil panen yang optimal,” jelasnya dalam keterangan resminya, Jumat (24/3/2017).

Menurutnya, distribusi benih jagung NKPerkasa pada tahap pertama akan difokuskan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun tak menutup kemungkinan, kedepannya benih jagung NKPerkasa juga akan disebar ke sebagian wilayah Sumatera.

Parveen Kathuria juga berharap bahwa peluncuran NKPerkasa dapat menjadi bentuk kontribusi Syngenta Indonesia terkait keinginan pemerintah Indonesia dalam mencapai swasembada jagung dan ketahanan pangan.

Penyakit bulai (Perenosclerospora maydis) merupakan penyakit yang sangat dikhawatirkan oleh para petani jagung karena dapat mengurangi hasil produksi secara signifikan. Di pulau Jawa, kehilangan hasil produksi jagung akibat penyakit bulai bisa mencapai angka 25-40%.

Setiap tahunnya, daerah yang mengalami serangan penyakit bulai semakin meningkat terutama daerah dimana petani menanam jagung di lahan sawah pada bulan April hingga Juni. Varietas benih jagung yang beredar di pasaran saat ini hanya tahan terhadap bulai namun tingkat produktivitas rendah.

NKPerkasa merupakan varietas benih jagung baru dari Syngenta yang memiliki ketahanan terhadap penyakit bulai dengan tingkat produktivitas tinggi yang memberikan pertumbuhan tanaman jagung yang baik bagi para petani yang menanam jagung setelah musim padi.

NKPerkasa memiliki pertumbuhan awal yang seragam sehingga pertumbuhan buah jagung serentak. Varietas ini juga memiliki baris biji yang padat yaitu 16 atau 18 baris sehingga memberikan rendemen dan hasil produksi yang tinggi. NKPerkasa mempunyai potensi hasil hingga 13,3 ton/ha, dan rata-rata hasil 9,7 ton/ha.

Simak artikel terkait lainnya tentang Jagung, berikut ini: