Rekomendasi Dosis Pupuk Tanaman Kakao

0
Rekomendasi Dosis Pemupukan Tanaman Kakao

Unsurtani.com –┬áSalah satu untuk memperbaiki kesuburan tanah dan meningkatkan produksi kakao adalah dengan memberikan pemupukan. Selama ini petani masih menggunakan pemupukan dengan dosis berbeda-beda. Bahkan, penggunaan pupuk masih jauh dari yang dianjurkan.

Untuk mencapai produktivitas tanaman kakao secara optimal, maka diperlukan unsur hara yang seimbang untuk pertumbuhan dan produktivitasnya. Oleh karena itu, pemupukan berimbang merupakan kunci keberhasilan dalam usaha tani. Pemupukan tanaman kakao sendiri dibagi dua, yaitu melalui tanah dan daun.

Pemberian pupuk organik melalui tanah dilakukan dengan meletakkan pupuk pada parit (alur) yang dibuat melingkar disekeliling pohon dan kemudian ditutup kembali. Penutupan itu sendiri dimaksudkan untuk mengurangi efisiensinya.

Pemupukan dilakukan setelah tanaman coklat berumur dua bulan dilapangan. Pemupukan pada tanaman yang belum menghasilkan dilakukan dengan cara menaburkan pupuk secara merata dengan jarak 15-50 cm (untuk umur 2-10 bulan) dan 50-75 cm (untuk umur 14-20 buah) dari batang utama.

Untuk tanaman yang telah menghasilkan, penaburan pupuk dilakukan pada jarak 50-75 cm dari batang utama. Penaburan pupuk dilakukan dalam alur sedalam 10 cm. Pengelolaan hara berimbang merupakan tindakan pemupukan tanaman dengan mempertimbangkan kandungan hara yang terdapat didalam tanah maupun yang terdapat dalam jaringan tanaman.

Rekomendasi pemupukan untuk tanaman kakao akan bertambah sesuai dengan umur tanaman. Berikut ini adalah dosis pupuk yang diberikan per pohon setiap tahunnya:

Simak artikel terkait lainnya:

Sumber: BPTP Aceh

Loading...